CILACAP, SATELITPOST-Selama masa IdulAdha 1440 H atau tahun 2019 M, tidak berpengaruh pada harga jual daging di beberapa pasar tradisional Cilacap. Terpantau di Pasar Gede, Sidodadi, maupun Tanjungsari baik daging sapi maupun ayam harga terpantau stabil

Kepala Seksi Stabilitas Harga dan Kemetrologian DPKUKM Cilacap Warsun mengatakan, bahwa Iduladha harga daging di pasar tidak berpengaruh. Justru yang mahal atau mengalami kenaikan harga binatangnya baik kambing atau sapi yang akan dikurban. “Di pasarnya itu tidak begitu berpengaruh, tetapi hewan hidupnya yang mengalami kenaikan,” katanya, Selasa (13/8).

 

Sampai saat ini tidak ada perubahan harga daging yang signifikan di pasar tradisional Cilacap. Hanya memang ada penurunan permintaan, tetapi hanya dua sampai tiga hari lebaran Iduladha. “Seperti sejumlah pelaku usaha bakso itu kadang tidak jualan satu sampai dua hari. Setelah itu mulai jualan kembali,” katanya.

 

Harga daging sapi di pasar tradisional Cilacap adalah Rp 115 ribu per kilogram. Sementara harga daging sapi KW Rp 110 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga daging ayam ras Rp 33 ribu kilogram dan daging ayam kampung Rp 65 ribu per kilogram. (and)