Ratusan warga, menggelar acara makan bersama dan menonton film perjuangan, sebagai ungkapan rasa sukur diselesaikannya perbaikan jalan di desa mereka, Minggu (8/9) malam lalu. ALE
Ratusan warga, menggelar acara makan bersama dan menonton film perjuangan, sebagai ungkapan rasa sukur diselesaikannya perbaikan jalan di desa mereka, Minggu (8/9) malam lalu. ALE

KESUGIHAN, SATELITPOST – Warga Desa Keleng Kecamatan Kesugihan, menggelar syukuran sebagai wujud suka cita rampungnya perbaikan jalan dengan rigid beton yang melintasi desa mereka, Minggu (8/9) malam lalu. Ratusan warga Keleng, menggelar tikar dengan berbagai makanan di atas jalan rigid beton sepanjang 1,2 km.

Masing-masing rukun warga membawa makanan berupa nasi dengan bermacam lauk. Sebelum kenduri, dilakukan doa bersama sebagai ungkapan syukur dilanjutkan menonton bersama film-film perjuangan dan hiburan lainnya.

Jalan di desa Keleng dan sekitarnya mulai dari Desa Pesanggrahan, Karangjengkol dan Ciwuni ini, selama ini terkenal dengan buruknya kondisi jalan yang seperti kubangan ketika musim hujan.

Kondisinya makin diperburuk aktivitas ratusan truk pengangkut batu, untuk pembangunan PLTU Karangkandri yang melintas jalan desa dari Pesanggarahan sampai ke Desa Ciwuni.

Kondisi tersebut, bahkan sempat memicu aksi protes warga. Pemerintah Kabupaten Cilacap, akhirnya menganggarkan perbaikan dari dana APBD Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Desa Keleng, Arsidi mengatakan, acara kenduri digelar sebagai ungkapan syukur karena setelah bertahun-tahun akhirnya jalan desa menjadi baik.

“Kami berterimakasih kepada Pemkab Cilacap serta Pemprov Jawa Tengah yang telah merealisasikan aspirasi kami. Terimakasih juga kepada Forum Peduli Masyarakat Desa (FPMD) serta Karang taruna, karena selama ini konsisten mengawal aspirasi masyarakat sehingga perbaikan jalan bisa terealisasikan,” katanya.

Purwati, warga RT 1 RW 2 mengaku, sangat bersyukur dengan diperbaikinya jalan Desa Keleng. Selama ini, dia dan banyak warga lainnya kesulitan ketika akan mengantar anak ke sekolah menggunakan sepeda motor.

Pemkab Cilacap melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, melakukan perbaikan jalan Pesanggrahan-Ciwuni Kecamatan Kesugihan dengan anggaran sekitar Rp 3 miliar lebih. Pekerjaan yang dilaksanakan oleh PT Heksa Mandiri Beton ini, sudah menyelesaikan perbaikan ruas mulai dari Desa Karangjengkol, Keleng, Pesanggrahan. Sedangkan untuk jalan Desa Ciwuni, saat ini masih dalam proses pengerjaan. (ale)