CILACAP, SATELITPOST-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap masih terus menerima pemohon formulir pindah memilih atau form A5. Maksimal pengurusan form pindah memilih ini pada H-30 atau pada 17 Maret besok. Komisioner KPU Cilacap Ami Purwandari mengatakan jika sampai saat ini sudah ada sebanyak 405 warga yang mengurus A5 di kantor KPU Cilacap. Angka ini belum digabungkan dengan jumlah yang ada di masing-masing PPK.

 

“Jumlah ini masih bertambah, karena belum digabung dengan PPK di 24 kecamatan, ini yang hanya di KPU Cilacap. Rekapitulasinya nanti di 17 Maret besok untuk menetapkan DPTb2,” ujar Ami, Rabu (13/3).

 

Mereka yang mengurus permohonan pindah memilih ini, kata dia di antaranya pelajar, pindah domisili, kuliah, karena bekerja di Pertamina, PLTU Karangkandri maupun di Bunton serta lainnya. Selain itu untuk narapidana di lembaga permasyarakatan dan juga santri di pondok pesantren, mengurus A5 di PPS masing-masing wilayah kecamatan.

 

“Kalau untuk yang Ponpes El Bayan Majenang ada sekitar 276 orang, awalnya akan ada TPS DPTb, akan tetapi tidak diperbolehkan, sehingga mereka akan menyebar ke TPS di sekitarnya. Sedangkan untuk napi di lapas, KPU menyiapkan ada 9 TPS untuk Nusakambangan, dan satu TPS di Lapas Kota Cilacap,” katanya.

 

Ami mengatakan, mereka yang menggunakan form A5 pada saat mencoblos pada 17 April mendatang waktu pencoblosan sama dengan pemilih lainnya. Kecuali mereka yang belum terdaftar tetapi memiliki KTP elektronik, diperbolehkan mencoblos di TPS domisilinya mulai pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB.