CILACAP, SATELITPOST-Rumah Tukini (60) warga Jalan Rau RT 3 RW 1 Kelurahan Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara sudah terlihat bagus dengan cat warna hijau. Hal ini berbeda dengan rumahnya dua bulan lalu yang masih dari bilik bambu, berlantai tanah, dan akan roboh.

Rumah yang persis di pinggir Jalan Rau ini mendapatkan bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) dari PT Pelindo III Cabang Tanjung Intan dengan Kodim 0703 Cilacap serta Pemkab Cilacap. Sejak tanggal 3-20 Februari rumahnya dibangun oleh anggota Koramil Cilacap, bersama dengan masyarakat sekitar.

Tragisnya, baru sekitar dua hari menempati rumah baru, suaminya Sansapan meninggal dunia. “Bapak meninggal tiga hari setelah selesai. Saat itu bapak bilang, kalau rumahnya di pendapa lebih bagus dari ini. Saya tidak paham awalnya, lalu ternyata meninggal,” katanya, Selasa (12/3).

 

Suaminya ini, kata dia meninggal karena sakit karena faktor umur yang sudah tua. Meskipun demikian, dia berterimakasih kepada Kodim dan juga mereka yang membantu membangun rumahnya. “Awalnya rumah rusak, lalu dari RT, warga pada mendukung mau dibongkar, ya silahkan. Lalu dari Kodim ke sini, karena roboh, dan mau dibantu. Alhamdulillah, ternyata disetujui. Saya terima kasih kepada bapak-bapak dan warga yang telah membantu,” ujar ibu tiga anak ini.

 

Pasiter Kodim 0703 Cilacap Kapten Infanteri Marjono mengatakan ada lima RTLH yang direhab oleh Kodim kerjasama dengan Pelindo III Cilacap. Selain rumah milik Tukini, juga rumah Sayan warga RT 2 RW 15 Kelurahan Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan, Salwiyem warga Jalan Slamet RT 4 RW 3 Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah, rumah Marsiyem warga Jalan Puteran RT 3 RW 2 Desa Karanjengkol Kecamatan Kesugihan, dan rumah Junomo Jalan Laban RT 1 RW 11 Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara.

 

“Pembangunan sudah dilaksanakan semuanya, hanya satu yang masih dalam proses pembangunan, karena menunggu tukang yang masih antre,” katanya. Dalam pembangunannya, melibatkan sebanyak 10 personel anggota TNI, termasuk warga dan juga lingkungan sekitar. Pembangunan dilaksanakan maksimal selama 15 hari.

 

General Manager Pelindo III Tanjung Intan Cilacap Edwarnul Johar mengatakan bedah rumah kemarin merupakan program CSR BUMN untuk Negeri dari Pelindo III. Masing-masing rumah mendapatkan alokasi bantuan senilai Rp 20 juta.

 

 

 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap U’ong Suparno mengatakan jika selama tahun 2011 sampai tahun 2018 sudah ada sebanyak 11.542 RTLH yang sudah tertangani. Cakupan rehab RTLH ini, sampai saat ini, kata dia mencapai 79,44 persen. (ale)