PESERTA beraksi mengikuti lomba senam peregangan peringatan HKN ke-55 Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Kamis(7/11).

CILACAP, SATELITPOST – Menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 yang berlangsung pada tanggal 12 November 2019. Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap ajak masyarakat hidup sehat untuk mencegah terjangkitnya penyakit tidak menular (PTM).

Kegiatan dihelat di GOR Wijayakusuma, Cilacap, Kamis (7/11). Ada berbagai perlombaan olahraga yang diikuti dari jajaran kesehatan yang ada di Kabupaten Cilacap mulai dari rumah sakit, klinik, puskesmas, organisasi profesi dan lain sebagainya.

Ketua Panitia yang juga Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dr. Novita Kukilowati mengatakan, jika kegiatan dibagi menjadi dua yakni olahraga dan perayaan atau resepsi. Untuk kali ini fokus dilakukan kegiatan perlombaan olahraga. “Ini kegiatan gelombang yang pertama ada lomba senam peregangan, bola voli dan futsal,” katanya.

Kegiatan lomba senam diikuti 35 tim, bola voli 18 tim dan futsal 23 tim. Dari masing-masing kejuaraan akan diambil juara 1, 2 dan 3 terbaik.

Sedangkan untuk lomba senam peregangan sendiri diharapkan akan memunculkan produk senam baru yang bisa digunakan untuk kegiatan peregangan. Para juara nantinya akan dijadikan produk unggulan pada setiap senam peregangan.

“Harapannya sesuai dengan tema yakni Generasi Sehat Indonesia Unggul. Dengan kegiatan olahraga ini mewujudkan tema tersebut. Karena kita sedang menuju Indonesia unggul dengan badan yang sehat. Kalau senam itu kebetulan kita di PTM, dalam kegiatannya kita diharuskan setiap dua jam bekerja ada peregangan,” katanya.

Lebih lanjut Kata Novita, untuk kegiatan gelombang kedua nanti ada senam bersama, jalan sehat dan acara resepsi. Rencananya kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 19 November 2019, kemungkinan tempatnya di lapangan eks Batalion Cilacap. (And)