CILACAP, SATELITPOST-Pasar Panggok Desa Slarang Kecamatan Kesugihan setiap Sabtu sore padat dikunjungi masyarakat. Pada Sabtu (7/12) kemarin terlihat lebih seru dibandingkan sebelumnya.

Pasalnya, ada panggung hiburan yang dibarengi dengan Sosialisasi Pengawasan Pemilu partisipatif kepada UMKM oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Cilacap. Dalam kesempatan tersebut Bawaslu memberikan pemahaman kepada pedagang dan juga pengunjung akan pentingnya pemilu, hak pemilih, dan mengajak menjadi pengawas Pemilu.

“Bawaslu sengaja memilih Pasar panggok, karena saat ini menjadi ikon di Cilacap karena tempat populer, menarik dan banyak pengunjung. Karena itu kita manfaatkan peluang ini untuk sosialisasi,” kata Ketua Bawaslu Cilacap Bachtiar Hastiarto.

Dengan sosialisasi kepada UMKM, dan juga masyarakat yang datang mengunjungi Pasar Panggok, diharapkan akan memberikan pengetahuan yang sama tentang perlunya pengawasan pemilu, kepada keluarga, maupun lingkungan sekitar.

“Nilai strategis ini diharapkan punya efek untuk membumikan pengawasan. Karena bagaimanapun masyarakat juga memiliki hak mengawasi pemilu,” katanya.

Sosialisasi ini, kata Bachtiar juga dilakukan kepada lainnya, seperti PKK, pramuka, warga desa dan beberapa lainnya. “Semakin banyak yang disosialisasi, maka kesadaran masyarakat akan pengawasan pemilu lebih bagus, sehingga pemilu bisa berlangsung secara langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil,” katanya.

Camat Kesugihan Basuki Priyo Anggoro mengatakan dalam Pemilu, masyarakat memiliki hak yang sama. Termasuk dalam pengawasannya.

 

“Dulu kalau ada Panwas datang kalau ada pelanggaran, tapi sekarang masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi dalam pengawasan. Agar pelanggaran tidak akan ada lagi, sehingga tercipta pemilu yang Luber dan Jurdil, serta menghasilkan pemimpin yang amanah,” katanya. (ale)