WAKIL Bupati Cilacap Auliya Rachman bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab saat mencoba kapal pelra yang dihibahkan Kementerian Perhubungan RI kepada Kabupaten Cilacap, Selasa (8/10)

 

CILACAP, SATELITPOST– Pemerintah Kabupaten Cilacap menerima hibah satu unit kapal pelayaran rakyat atau pelra dari Kementerian Perhubungan RI bernama Banawa Nusantara dengan nomor lambung 70. Pelayaran Perdana dilakukan langsung Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman di Dermaga Pelabuhan Sleko Cilacap, Selasa (08/10).

Kapal tersebut memiliki panjang 13,5 meter, lebar 4 meter dan memiliki bobot 35 grosston. Dengan hadirnya Pelra Banawa Nusantara 70 tersebut, diharapkan semakin menggeliatkan industri pariwisata Cilacap khususnya untuk mendukung wisata bahari.

Wakil Bupati Cilacap mengungkapkan, dengan kapal Pelra diharapkan bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam bidang transportasi laut.  “Ada Kecamatan Kampung Laut dan kelurahan Kutawaru. Kita memang sebelumnya mengajukan proposal ke pusat karena memang kita butuh transportasi untuk perairan,” ujarnya.

Dia berharap, kapal yang sudah dihibahkan tersebut bisa dirawat dengan baik oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap. Anggaran operasionalnya juga sudah selesai dalam anggaran perubahan.

“Uji coba 2019 ini kita kelola dengan anggaran daerah. Nilainya Rp 250 juta untuk tahun ini dari anggaran perubahan,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap Tulus Wibowo mengatakan, pihaknya sebenarnya mengusulkan dua unit kapal. Namun, saat ini satu unit yang sudah terealisasikan. Untuk diketahui, dari tujuh Kabupaten yang mengajukan baru Kabupaten Cilacap dan Jepara yang sudah mendapatkan.

“Saat ini kita masih dalam tahapan sosialisasi sampai Desember, karena anggaran kita baru untuk pembayaran kru dan BBM,” ujar dia.

Lebih lanjut kata Tulus, ke depan dengan hadirnya Pelra Banawa Nusantara 70 ini, diharapkan semakin menggeliatkan industri pariwisata Cilacap khususnya untuk mendukung wisata bahari. (And)