Salah satu kelompok yg unjuk gigi dlm Pentas Uji #4 Sanggar Tari Rama Sinta, di Desa Adiraja, Minggu kemarin

CILACAP, SATELITPOST-Suasana gelanggang olahraga (Gor) Desa Adiraja Kecamatan Adipala terlihat meriah pada Minggu (8/12). Puluhan anak yang mengenakan kostum berwarna-warni memadati gor tersebut. Mereka menunggu giliran untuk melaksanakan pentas uji tari yang digelar olah Sanggar Tari Rama Shinta.

Ketika sudah waktunya, anak-anak segera berunjuk gigi menari di atas panggung. Mereka mementaskan tarian yang sudah dipelajarinya selama satu tahun kebelakang di sanggar tersebut.

Ketua Sanggar Tari Rama Shinta Vicky Yoga Lestari mengatakan Pentas Uji yang digelar tiap tahunnya ini sudah memasuki tahun ke-4. Kali ini ada sebanyak 79 anak dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan juga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mengikuti Pentas Uji ini.

“Ada 79 anak yang ikut pentas uji, dan mereka terbagi dalam19 kelompok tari. Tari yang dipentaskan terdiri dari tari jenis kreasi baru serta tari klasik,” ujarnya, kemarin.

Pentas uji ini kata dia memang menjadi agenda yang ditunggu-tunggu para penari cilik. Pasalnya, digelar sebagai bentuk apresiasi bagi mereka yang telah belajar dan menyelelesaikan tari selama satu tahun ini.

“Pentas uji ini juga untuk melatih mental anak untu tampil di depan umun, serta meningkatkan semangat dan rasa cinta anak-anak akan tarian tradisional,” ujarnya.

Kades Adiraja Sugihartono mengatakan adanya kegiatan sanggar tari ini memberikan manfaat positif kepada para generasi muda. Karena bisa meningkatkan potensi.

“Adanya kegiatan tari ini juga agar anak-anak punya kegiatan positif, tidak terlalu banyak bermain ponsel, tidak nonton televisi terus dan menjauhi narkoba dan hal-hal negatif lainnya,” katanya.

Para penari-penari terbaik dalam Pentas Uji #4 kemari diapresiasi dengan memperoleh piala. Selain tarian, ada juga pertunjukan gitar dan piano yang juga ditampilkan anak didik Sanggar Tari Rama Shinta ini. (ale)