CILACAP, SATELITPOST – Mendapat perolehan jumlah kursi DPRD terbesar semenjak Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ada di Kabupaten Cilacap. Ketua DPC PKB Cilacap Taufiq Hidayattulloh berharap semoga pencapaian tersebut bisa menjadi modal besar menang pada Pemilu 2024 mendatang, Selasa (21/5/2019).

 

Perlu diketahui pada Pemilu 1999 di Cilacap PKB mendapat enam kursi, 2004 lima kursi, 2009 tiga kursi, 2014 enam kursi dan Pemilu 2019 sebanyak delapan kursi. Perolehan suara PKB di Cilacap tahun 2019 rangking tiga atau mendapat sebesar 14 persen suara. Sedangkan perolehan kursi sama dengan Partai Golkar atau rangking ke dua.

 

“Dengan perolehan 8 kursi, dan perolehan suara 14 persen, itu sudah merupakan pencapaian yang luar biasa, karena persiapan kami yang hanya dalam waktu singkat,” ujarnya.

 

Menurutnya hal tersebut tentu masih sangat sesuai dengan target yang telah ditetapkan, meski target maksimal PKB adalah 10 kursi atau 20 persen kursi, yang mana bisa memenuhi syarat untuk mengajukan calon bupati secara mandiri. Sedangkan target minimal PKB adalah 6 kursi DPRD dengan perolehan suara bertambah dan mempunyai pimpinan dewan.

 

“Perolehan delapan kursi DPRD dari hasil pemilu sebelumnya telah memenuhi target medium kami. Masih sangat sesuai target,” katanya.

 

Pihaknya berharap, dengan komposisi 4 wakil wajah lama dan 4 orang wajah baru, akan membuat FPKB DPRD Cilacap memiliki karakter lebih dalam mengaktualisasikan dirinya sebagai wakil rakyat, yang mampu menempatkan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi atau golongan.

 

“Masuknya tiga kader terbaik yang merupakan representasi NU. Yakni Syaiful Mustangin, Munir Nur Said, dan Sriyani akan mampu lebih merepresentasikan wajah NU di panggung politik lokal,” kata dia.

 

Kemudian dengan hadirnya dua pegiat LSM di FKB FORD Cilacap, Syaiful Mustangin dan Munir Nur Said, FKB DPRD Cilacap akan lebih mampu merepresentasikan politik yang menunjukkan keberpihakan nyata terhadap rakyat. Selain itu PKB Cilacap juga menempatkan kader termuda sebagai anggota FKB DPRD Cilacap, dan besar kemungkinan akan menjadi Pimpinan Sementara DPRD, yakni Intan Indah Sofiyani dari Dapil Cilacap 2 yang lahir pada 27 Desember 1997.

 

“Saat ini, beliau masih berstatus Mahasiswa Semester 8 Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto,” ujar Taufiq. (and)