SAPI yang akan dipotong lepas dan lari ke jalan raya di Cilacap, Senin (12/8/2019).ISTIMEWA
SAPI yang akan dipotong lepas dan lari ke jalan raya di Cilacap, Senin (12/8/2019).ISTIMEWA

CILACAP, SATELITPOST-Sapi kurban milik Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilacap sempat menghebohkan warga. Sebab sapi berwarna cokelat yang akan dipotong itu lepas dan berlari ke jalan raya, Senin (12/08/2019).

Sapi yang akan dipotong di lapangan depan kantor Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata itu berlari ke Jalan Ahmad Yani Cilacap. Bahkan sapi akan masuk wilayah Pasar Gede Cilacap. Beruntung sejumlah orang berhasil menggiring sapi untuk berputar balik.

Seorang warga pemilik warung di depan SMPN 1 Cilacap Sulam mengatakan, pada sekitar pukul 08.30 WIB warga panik karena sapi milik kejaksaan yang akan dipotong berlarian di jalan. Bahkan sejumlah pengendara juga sempat berusaha untuk menghindarinya.

“Sapinya tidak mengamuk ke orang atau benda-benda sekitar, cuma karena berlarian di jalan raya membuat orang takut. Tadi berada persis di depan warung, sapi juga akan masuk pemukiman ke kelurahan Sidakaya, kemudian saya hadang,” ujar dia.

Menurutnya jika sapi masuk ke pemukiman atau Pasar Gede Cilacap ditakutkan akan membahayakan warga. Beruntung sapi bisa ditenangkan dan digiring ke lokasi penyembelihan.

Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Agus Sugianto Sirait mengatakan, bahwa Kejari Cilacap kali ini melakukan penyembelihan hewan korban di hari kedua Iduladha 1440 H/2019 M. Kurban ini merupakan kontribusi dari pegawai Kejari Cilacap dengan total ada 4 sapi dan 3 kambing.

“Ada yang lepas. Jadi sapi datang kebetulan masyarakat ramai, kata teman-teman sapi tersebut kemudian stres. Begitu diturunkan langsung diikat di bawah pohon, ternyata tali pengikatnya kemungkinan sudah lapuk, sapi memberontak dan langsung lari,” katanya.

Melihat kejadian tersebut baik dari petugas penyembelih, pihak pengantar sapi, pegawai Kejari termasuk warga sekitar ikut mengejar. Kemudian sapi berhasil digiring kembali ke lokasi penyembelihan, meskipun sempat sedikit ada kesulitan. “Syukur tidak ada korban, ini hanya insiden kecil,” katanya.

Terlepas dari kejadian itu, dengan adanya kurban di hari Raya Iduladha, pihaknya berharap, kejari bisa semakin berbaur dengan masyarakat, kinerja pegawai semakin baik dan kompak. Tidak kalah penting lagi masyarakat bisa semakin mengenal Kejari Cilacap. (and)