CILACAP, SATELITPOST -Pengumuman kelulusan tingkat Sekolah Dasar (SD) dilakukan hari ini, Rabu (12/6/2019). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Cilacap menyebut jika hasil Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) kali ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Tak hanya itu, terdapat juga pergeseran perolehan prestasi yang tahun ini cenderung didominasi oleh sekolah yang ada pinggiran.

Sekolah dengan perolehan rata-rata nilai terbaik peringkat pertama yakni SDN Pedasong 02 Adipala, kedua SD IT Mutiara Umat, dan peringkat ketiga SDN 02 Adipala. Sementara untuk siswa dengan perolehan nilai terbaik diraih oleh Qurotul Nabila Atiqoh Sahid dengan jumlah nilai 297,3 dari SDN Pedasong 02 Adipala, peringkat kedua Aprilia Deva Azzahra 297,1 dari SDN Jepara Kulon 01 Binangun, dan peringkat ketiga Risty Eka Wahyuningsih 296,5 yang juga dari SDN Pedasong 02 Adipala.

Kepala Bidang Dikdas Dinas P dan K Cilacap Nunung Sugiono melalui Kasi SD Toharudin mengatakan, bahwa memang tidak serta merta nilai USBN menentukan kelulusan anak. Namun sekolah itu sendiri yang menentukan standarnya.

“Sekolah memiliki standar, artinya nilai minimal dan rata-rata harus berapa. Semua yang menentukan sekolah,” ujarnya.

Pihaknya tetap berbangga bahwa nilai USBN murni rata-rata di semua sekolah baik. Bahkan bisa dikatakan lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Ada banyak faktor yang membuat hal tersebut terjadi. Mulai dari upaya guru dalam memberikan materi hingga kemampuan belajar murid. Tidak ada sekolah favorit, jika siswa mau belajar dengan baik hasilnya juga pasti akan bagus.

Sementara dari total 1.031 SD yang ada di Kabupaten Cilacap baru ada sekitar 1.028 SD yang bisa menyelenggarakan ujian. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor mulai dari Akreditasi sekolah hingga jumlah murid yang kurang dari 4 orang, yang akhirnya harus menumpang di sekolah lain.

“Untuk akreditasi sebenarnya sudah semua, kecuali memang ada beberapa SD baru yang belum memiliki kelas enam,” ujarnya. (and)

Cap.foto : Penyerahan nilai USBN tingkat SD oleh Kepala Bidang Dikdas Dinas P dan K Cilacap Nunung Sugiono (kiri) didampingi Kasi SD Toharudin (tengah) kepada Paguyuban Korwil yang diwakili Sekretaris Sangidin (kanan) .Istimewa.