CILACAP, SATELITPOST – Badan Pusat Statistik (BPS) akan menggelar sensus penduduk tahun 2020 secara online (daring). Persiapan mulai dilakukan salah satunya dengan melakukan  sosialisasi kepada masyarakat, seperti yang akan dilakukan BPS Kabupaten Cilacap.

Kepala BPS Kabupaten Cilacap Toto Desanto menyebutkan, jika sensus online tersebut diharapkan bisa memberikan solusi bagi mereka yang dalam tanda kutip susah untuk disentuh. Misalkan bagi mereka yang susah ditemui karen sibuk bekerja atau bahkan keluar kota.

“Kalau seperti itu kan susah untuk ditemua, Sehingga harapanya mereka bisa melakukan sensus dengan memasukan sendiri datanya ke sistem online,” ujarnya.

Meskipun demikian sejumlah kendala juga perlu untuk diselesaikan. Misalkan terkait dengan sosialisasi sensus berbasis online, karena ini baru pertama kalinya sehingga perlu untuk di sosialisasikan secara luas. Beberapa sosialisasi pun juga akan mulai dilaksanakan oleh BPS.

“Untuk sosialisasinya secara besar akan kita laksanakan sekitar awal tahun 2020. Namun dalam waktu dekat ini juga akan kita lakukan,” katanya.

Rencananya pada tanggal 16 Desember mendatang pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada Persatuan Darma Wanita BPS, anggota pengurus PKK Kabupaten dan perwakilan PKK di masing-masing Kecamatan. Kemudian untuk tanggal 17 Desember dilakukan kepada mitra BPS dan perwakilan dari sekolah.  “Kita harapkan mereka bisa menjadi agen sensus online,” ujar dia.

Pihaknya berharap dengan metode sensus kombinasi antara online, mandiri ataupun door to door bisa berjalan dengan maksimal dan sukses. (And)