KAPOLRES dan Bupati Cilacap foto bersama usai menandatangani kerjasama pelaksanaan aplikasi Sergap yang memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, Rabu (10/7).SATELITPOST/RENY TANIA
KAPOLRES dan Bupati Cilacap foto bersama usai menandatangani kerjasama pelaksanaan aplikasi Sergap yang memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, Rabu (10/7).SATELITPOST/RENY TANIA

CILACAP, SATELITPOST-Inovasi kembali dihadirkan oleh Kepolisian Resor Cilacap untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarkaat. Kali ini, inovasi tersebut berbentuk aplikasi yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Aplikasi tersebut bertajuk SERGAP (Sistem Emergency Gabungan Cilacap) Aplikasi yang bisa diunduh di ponsel android ini merupakan jalur khusus untuk memberikan bantuan kepada masyarkaat yang sifatnya darurat. Misalnya, terkait kecelakaan, kebakaran, bencana alam, gangguan keamanan, ketertiban di masyarakat seperti perkelahian, pencurian, dan lainnya.

Dengan satu aplikasi ini, masyarakat akan terhubung dengan pihak Kepolisian Resor Cilacap dan instansi yang bekerjasama. Sebut saja, Unit Pemadam Kebakaran Satpol PP Cilacap, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Perhubungan, dan Jasa Raharja.

Kepala Kepolisian Resor Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Djojo Julianto mengatakan, melalui aplikasi ini, petugas dapat memberikan respons cepat.  “Respons maksimal 15 menit dari pelaporan,” ujarnya.

Kasat Lantas Polres Cilacap AKP Ahmad Nur Ari mengatakan, melalui aplikasi tersebut, masyarakat akan langsung terhubung dengan operator. Akan ada dua operator yang memberikan pelayanan. Di mana operator pertama akan menerima laporan secara aduan. Sedangkan operator kedua akan menghubungkan dengan instansi terkait, sesuai dengan laporan yang diberikan masyarakat.

“Sekali tekan, bisa langsung terhubung dengan operator. Nanti akan terhubung secara realtime, jadi kalau sifatnya hoax  akan terpantau,”  ujarnya.

Untuk mendukung program tersebut Polres Cilacap melibatkan piket fungsi Polres dan Polsek jajaran dan operator tetap yang bertugas menerima laporan dan pengaduan dari masyarakat. Sedangkan untuk dinas instansi lain selalu siap melalui call center atau nomor telpon lain yang mudah dihubungi oleh operator jika terjadi laporan dari masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres dan Bupati Cilacap menandatangani kerjasama pelaksanaan aplikasi SERGAP. Sehingga akan memudahkan sinergitas diantara Polres Cilacap dengan instansi terkait. (ale)