CILACAP, SATELITPOST- Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap menggelar soialisasi dan bimbingan penerapan standarisasi ISO (Internasional Organization For Standardization) di UPTD Puskesmas Sampang, Selasa (7/8). Acara dihadiri langsung oleh Asisten lll Setda Indro Cahyono, Kepala Dinas Kesehatan dr Marwoto, dan para kepala UPTD.

Kepala Dinas Kesehatan dr Marwoto mengatakan, diterapkanya ISO bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan publik.

“Sebetulnya mirip dengan akreditasi hanya penekananya yang berbeda. Sehingga tentunya kita dorong, justru saling bersinergi antara akreditasi dengan ISO,” ujarnya.

Kalau akreditasi merupakan program dari Dinas kesehatan. Dimana ditargetkan pada tahun 2019 sebanyak 38 puskesmas sudah terakreditasi semua. Sedangkan ISO program bagian organisasi, karena saling besinergi memang diminta agar bisa menerapkan semua.

“Dengan penerapan ISO diharapkan nanti ada pengakuan dari eksternal,” ujarnya.

 

Sejauh ini baru Puskesmas Cilacap Tengah l yang sudah ISO dan segera menyusul Puskesmas Sampang. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan agar yang lain bisa mengikuti jejak yang sudah.

 

Asisten lll Setda Cilacap Indro Cahyono mengatakan, bahwa pihaknya menyambut baik dengan adanya rencana tersebut.

 

“Kegiatan ini kan muaranya adalah bagaimana institusi pelayanan publik untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan ini adalah sebuah tuntutan,” katanya.

 

Pihaknya menargetkan dalam jangka waktu menengah bahwa seluruh puskesmas bisa mengimplementasikan.

 

“Target kita seluruh puskesmas sudah terakreditasi semua, sehingga akan mudah ketika akan diterapkan manajemen mutu ISO,” katanya.(and)