WAKIL Rektor III dan tim Sekretariat Rektor UMP berfoto bersama Bupati Cilacap saat melakukan kunjungan ke Cilacap, Kamis (13/6/2019).ISTIMEWA
WAKIL Rektor III dan tim Sekretariat Rektor UMP berfoto bersama Bupati Cilacap saat melakukan kunjungan ke Cilacap, Kamis (13/6/2019).ISTIMEWA

CILACAP, SATELITPOST-Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) ingin meningkatkan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam bidang budidaya kelapa kopyor. Hal ini diungkapkan pada kunjungan Rektor UMP Dr Anjar Nugroho bersama jajarannya kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Kamis (13/6/2019) kemarin.

 

Rektor UMP Anjar mengatakan, jika selama ini sudah ada beberapa kerjasama yang berlangsung dengan Pemkab Cilacap. Di antaranya seperti pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), keterlibatan dalam seleksi pejabat di eselon II di lingkungan Pemkab Cilacap.

“Kami ingin meneguhkan kerjasama antara UMP dengan Pemkab Cilacap yang selama ini bekerjasama dengan baik, kerjasama mulai dari KKN, dan sekarang kita tingkatkan dalam pengembangan kelapa kopyor,” ujarnya kemarin.

Saat ini, UMP kata dia, memiliki peneliti yang bisa memproses rekayasa tanaman dengan sistem kultur jaringan dan menghasilkan bibit kepala yang buahnya merupakan kelapa kopyor. Penelitian ini, kata dia, sudah terbukti.

 

“Kami ingin kerjasamakan dan bisa dibudidayakan di Kabupaten Cilacap,” katanya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, mengambut baik penawaran kerjasama dari UMP tersebut. Pasalnya, kerjasama yang selama ini terjalin sudah berjalan dengan baik.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf mengatakan, akan segera berkoordinasi dengan dinas terkait, yakni Dinas Ketahanan Pangan dan Perkebunan, serta Dinas Pertanian. Diharapkan, kerjasama ini bisa terealisasi di tahun 2020.

 

“Kita punya lahan kosong banyak  ada di Jambusari, Bantarsari, dan dengan adanya pengembangan kelapa kopyor mudah-mudahan bisa menggeliatkan ekonomi kita, sehingga tidak hanya kelapa saja atau hanya gulanya saja, tetapi ada kelapa kopyor, dan mudah-mudahan bisa berhasil serta berharap bisa menjadi ikon Cilacap,” ujarnya.

 

Rombongan UMP ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor III, dan tim Sekretariat Rektor UMP. Kunjungan UMP disambut oleh Bupati Cilacap, Sekda Cilacap, Asisten Setda dan juga Kabaghumas. Dalam kesempatan tersebut, Rektor UMP menyerahkan beberapa buku kepada Bupati Cilacap. (ale)