CILACAP, SATELITPOST-Kepala Desa Mekarsari, Wantinah dipercaya memimpin Ketua Paguyuban Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (P-APDESI) Kabupaten Cilacap periode 2019-2024. Ia terpilih pada Musyawarah Cabang P-APDESI tingkat kabupaten, Rabu (10/7). Dia menggantikan Teguh Budi Suhartono yang menjadi Ketua P-APDESI di periode sebelumnya.

Wantinah, unggul 135 suara, dibandingkan dengan kandidat lainnya. Antara lain, Juhana Kades Wanareja yang memperoleh 19 suara, Yunaedi Kades Sumingkir yang memperoleh 22 suara, serta Heri Kristiadi Kades Karangmangu yang memperoleh 31 suara. Jumlah total suara sah sebanyak 207 suara, dan tiga suara tidak sah.

Ketua Panitia Muscab P-APDESI Cilacap, Ruswadianto mengatakan ada empat kandidat Ketua P-Apdesi Kabupaten Cilacap yang mengikuti pemilihan. Untuk jumlah surat suara yang disiapkan sebanyak 274 terdiri dari 269 surat suara sesuai jumlah kades, ditambah 2 persen.

Muscab digelar karena Ketua P-Apdesi sebelumnya, tidak lagi  menjabat sebagai kepala desa. “Kami berharap dengan ketua baru ini bisa memberikan warna baik, warna positif untuk pembangunan di Cilacap,” ujar Kades Hanum Kecamatan Dayeuhluhur ini.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap, pengurus baru bisa membuat seluruh Kades menjalankan tugas sesuai dengan amanat Undang-Undang. Pemkab Cilacap melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan selalu memberikan sosialsiasi, pembinaan, pendampingan, dan juga pengawasan.

“Kita akan membuat Desa Award untuk memacu mereka agar melaksanakan tugasnya dengan baik, membangun desanya menjadi sejahtera. Kita akan berikan reward kepada desa terbaik sebuah mobil, dan bagi yang masih jelek akan dibantu, sehingga nantinya desa sejahtera,” katanya.

Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap Achmad Arifin berharap dengan terbentuknya pengurus yang baru bisa membantu kelancaran tugas dan kerjasama, baik antara desa maupun dengan dinas di tingkat kabupaten. (ale)