CILACAP, SATELITPOST-Masyarakat menyambut baik akan adanya jalan tol trans Jawa bagian selatan yang akan dibangun melewati Cilacap. Meskipun masih akan dibangun pada tahun 2022 mendatang.

 

Seperti yang disampaikan oleh Yusuf Awaludin, warga Cilacap yang berada di Bekasi. Ayah dua anak ini mengaku sangat antusias dengan akan adanya jalan tol sampai ke Cilacap.

 

“Semoga cepat teralisasi, sehingga kalau mudik akan lebih cepat, tidak macet lagi,” ujarnya, Jumat (15/3) kemarin.

 

Sama halnya dengan Rubiyanto, warga Jatiwaringin Jakarta Timur yang berdaerah asal di Wangon. Dia yang setiap tahun mudik Lebaran ke rumah saudaranya ini juga berharap agar jalan tol dari Bandung-Tasikmalaya-Cilacap bisa segera terealisasi.

 

“Tiap tahun rutin mudik, biasanya lewat jalur utara, atau selatan. Kalau Bandung-Cilacap bisa selesai cepat, maka akan lebih cepat waktu mudiknya,” katanya.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf berharap jika pada tahun 2020 sudah dilakukan tahapan survei pembangunan jalan tol di Cilacap. Selanjutnya dilanjutkan dengan pembebasan lahan, sehingga tahun 2022 bisa dilakukan pembangunan jalan tol.

 

Farid juga berharap untuk ruas tol Ciamis-Banjar-Cilacap dan Pejagan-Bumiayu-Cilacap exit tol berada di Jeruklegi. Sedangkan Cilacap-Jogja gerbang tol di wilayah Adipala. Sedangkan dari Jeruklegi ke Adipala tetap dilewati jalan umum.

 

“Sehingga kota-kota itu bisa dilewati, karena kalau nyambung nanti seperti yang terjadi di Pekalongan kotanya tidak dilewati. Itu usulan dari kita, tapi keputusan ada di tangan pusat,” katanya pada saat musrenbang lalu.

 

Sebelumnya, Jalan tol trans Jawa yang melewati Cilacap akan dibangun mulai tahun 2022. Pasalnya saat ini pembangunan jalan tol fokus menyelesaikan dari Bandung ke Tasikmalaya, dan saat bersamaan menyelesaikan Solo-Yogyakarta, serta Kulonprogo.

 

Perencana Madya di Direktorat Sistem Pelaporan Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Bappenas, Agus Manshur , pada Musrenbang RKPD Kabupaten Cilacap tahun 2020 mengatakan jika hal ini berdasarkan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Pengatur jalan tol.

 

“Terakhir nanti dari Kulonprogo ke Cilacap dan dari Tasik ke Cilacap, Insyaallah prediksi tahun 2021 atau paling lambat 2022 dibangun. Karena target pemerintah maksimal trans Jawa tahun 2022 harus terbangun semua,” ujarnya. (ale)