PURBALINGGA, SATELITPOST-Destinasi wisata di wilayah Desa Serang Kecamatan Karangreja akan terus dikembangkan. Rencananya, selain taman bunga juga akan dibangun resort untuk menunjang industri pariwisata setempat.

“Rencananya, resort akan kami bangun di kawasan perbukitan Gunung Kerisan dan Gunung Sumbul. Resort dan taman bunga itu, nantinya bakal ada kereta listriknya,” kata Sugito, Kepala Desa Serang, Rabu (13/9).

Menurut Sugito, desa bakala berkerjasama dengan Mr Kang Jun Ho, seorang investor dari Korea Selatan. Kawasan yang akan dimanfaatkan untuk pembangunan, merupakan lahan milik warga dan sejauh ini pihak desa sudah membebaskan tanah seluas 24 hektar.

“Tanah warga yang akan digunakan ini nantinya menggunakan sistem sewa langsung, selama 20 tahun,” katanya.

Kawasan tersebut merupakan wilayah perbukitan dengan ketinggian sekitar 1300 mdpl. Dengan panorama yang sangat indah, diharapkan keberadaan resort dan penambahan sarana lain bisa menunjang  sektor industri parwisata Purbalingga.

“Sekarang sudah ada rest area Lembah Asri, Kampung Kurcaci, dan kawasan wisata Pudang Mas. Kehadiran resort tidak akan mempengaruhi destinasi yang sudah ada, karena segmentasinya berbeda. Malah akan saling melengkapi,” ujar Sugito.

Rencana tersebut mendapat dukungan Pemkab Purbalingga dengan siap melakukan pembenahan sarana dan prasaran pendukungnya.

“Terpenting ada MoU-nya dulu. Kalau sudah pasti, nanti baru kita bangun pelebaran jalan menuju kesini,” kata Bupati Tasdi.

Saat ini jalan menuju lokasi pengembangan wisata, masih berupa jalan berbatu dengan lebar 2 meter. Jalan tersebut merupakan akses utama petani setempat menuju ke ladang. Pihak investor yang siap menggulirkan dana hingga Rp 100 Miliar itu, akan segera memaparkan rencana pembangunan resort kepada bupati dan dinas terkait.(min)