CILACAP, SATELITPOST- Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap mulai melakukan persiapan jelang hari Raya Iduladha yang jatuh pada sekitar bulan Agustus mendatang. Salah satunya dengan membentuk tim pemantauan hewan kurban.

Tim ini nantinya akan memantau hewan kurban dari para peternak, peternak musiman, dan pedagang musiman. Mulai dari kesehatan kurban sebelum disembelih hingga kondisi kelayakan kosumsi daging pascadisembelih.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Gunawan melalui Kepala Bidang Peternakan Daryono mengatakan, pemantau terhadap hewan kurban sebenarnya sudah dilakukan sejak tiga bulan sebelumnya. Khususnya bagi para peternak maupun peternak musiman.

“Kegiatan untuk menyongsong hari raya kurban kita sebetulnya sudah jalan, kami ingin mendeteksi sejak dini apabila ada penyakit pada hewan supaya bisa segera ditangani,” ujarnya.

Pembentukan tim nantinya dilakukan supaya pemantauan lebih intensif. Karena menjelang hari raya akan didapati hewan-hewan kurban dari para pedagang musiman yang biasanya membawa hewan kurban dari luar daerah. Sehingga pemantauan akan lebih digiatkan lagi.

“Kalau peternak atau penyedia tiga bulanan itu, biasanya lebih fokus terhadap kesehatan karena melalui proses perawatan,” Katanya.

Ia juga menambahkan, ketersediaan hewan kurban hari Raya Iduladha 2018 juga akan terpenuhi. “Dari penyedia yang biasanya menyediakan hewan kurban memang dikandang sudah mulai penuh. Misalkan shohibul qurban menghendaki memilih ya sudah ada,” kata dia.(and)