Ilustrasi

CILACAP, SATELITPOST-Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap sampai pertengahan bulan Februari kemarin sudah mendistribusikan sekitar 126 ribu kartu tani kepada para petani di Kabupaten Cilacap. Kartu Tani ini diberikan untuk memudahkan memberikan pelayanan kepada para petani.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Gunawan mengatakan, kartu tani ini memberikan manfaat bagi para petani. Mulai dari mendekatkan petani dengan perbankan, kemudahan dalam akses layanan simpan pinjam, kemudahan mendapatkan pupuk, dan lainnya.

“Petani saat ini belum terbiasa cara gesek, belum bisa nabung di bank. Wajar perubahan,” katanya.

Karena itu, Dinas Pertanian terus melakukan sosialisasi kepada para petani agar mau menggunakanya. Serta mendorong agar terus menggunakan. Dengan mengiisi saldo dalam kartu tersebut.

“Kami juga mendorong agar kartunya diisi, agar nanti saat mengambil pupuk bisa digunakan, kalau tidak ada isinya, ya tidak bisa mengambil,” katanya.

Dinas Pertanian akan terus mendistribusikan kartu tani kepada para petani yang belum mendapatkannya. Pasalnya  sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS) ada sebanyak 225 ribu petani pemilik sawah yang ada di Cilacap. Namun, baru ada sekitar 126 ribu yang terdata di Kabupaten Cilacap.

Kuota pupuk di Kabupaten Cilacap pada tahun ini ada sebanyak 30 ribu ton. Lebih banyak dibandingkan dengan tahun 2017 sebanyak 26 ribu ton pupuk urea. (ale)