CILACAP, SATELITPOST- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cilacap melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) pemanfaatan data kependudukan dengan beberapa OPD pelayanan publik, di ruang rapat dinas setempat, Kamis (12/7).

Hal tersebut sebagai implementasi pemanfaatan data kependudukan berbasis NIK dalam pelayanan publik di Kabupaten Cilacap. Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dan Kecamatan Cilacap Utara secara resmi memanfaatkan kesempatan tersebut. Dan telah melalui mekanisme yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No 61 Tahun 2015.

Proses pemberian izin oleh Dirjen Dukcapil diatur di dalam perjanjian kerjasam dengan lembaga pengguna. Izin pemanfaatan data dan akses data tingkat kabupaten diberikan oleh bupati, izin sebagaimana dimaksud sebagai persyaratan pembuatan dan pelaksanaan PKS antara Disdukcapil Kabupaten dengan lembaga pengguna tingkat kabupaten.

Sebelum ditandatangani juga telah dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta unit kerja yang menangani kependudukan dan pencatatan sipil provinsi.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cilacap Dikdik Nugraha mengatakan, pemanfaata data kependudukan sebagai aktivitas pemberian hak akses data kependudukan kepada lembaga pengguna dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, penelitian, perencanaan pembangunan dan penegakan hukum.

“Draf PKS yang sudah jadi kita konsultasikan ke provinsi terkait data elemen yang dibutuhkan, teknis hingga hal-hal yang menjadi hak dan kewajiban masing-masing pihak. Sehingga perjalanan kerjasama ini diharapkan membawa kemanfaatan utamanya yang kita ingin dongkrak yakni kualitas pelayanan publik,” ujarnya.

Dikatakan, salah satu contoh manfaat menggunakan data kependudukan berbasis NIK terkait dengan pelayan publik yang ada output-nya, proses bisa lebih cepat dan akurasinya bisa lebih dipertanggung jawabkan.

“Diharapkan Ini menjadi momentum menstimulan OPD lain untuk melakukan kerjasama pemanfaatan data guna meningkatan kualitas pelayanan publik khususnya daalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Cilacap,” katanya.

Sementara Itu Camat Cilacap Utara Prawoto Sunu Pratignyo mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dengan dibukanya akses pemanfaatan data berbasis NIK tersebut. Dengan itu, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bisa lebih optimal.

“Saya yakin semua institusi ke depan sangat perlu memanfaatkan sumber data pencatatan sipil. Sesuai dengan tupoksi, saya bekerja sama dengan Disdukcapil untuk memanfaat data menyangkut masyarakat, khususnya dalam meningkatkan pelayanan,” katanya.

Ia menambahkan, terkait dengan SDM yang diberi kewenangan termasuk perangkat untuk mengakses data ini sudah dipersiapkan.

“Untuk SDM di Cilacap Utara Alhamdulillah cukup mumpuni, sarpras juga sudah ada,” ujarnya.(and)