Pengunjung membuka tas yg dibawa sebelum masuk ke Polres Cilacap, Senin (14/5/2018).SATELITPOST/ALE
Pengunjung membuka tas yg dibawa sebelum masuk ke Polres Cilacap, Senin (14/5/2018).SATELITPOST/ALE

CILACAP, SATELITPOST-Teror bom terjadi di Surabaya pada Minggu (13/5) dan Senin (14/5/2018). Imbasnya, semua daerah siaga, tak terkecuali di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap.

Pengamanan di Pulau Nusakambangan pun semakin diperketat, untuk mengantisipasi adanya teror yang dilakukan oleh oknum radikalis. Pengaman dilakukan mulai dermaga penyeberangan Wijayapura Cilacap, sekitar Lapas yang ada di Nusakambangan, serta sampai di sekitar perairan.

“Pengamanan diperketat oleh polisi mulai dari Dermaga Wijayapura, Sodong, lapas-lapas, jalan-jalan tikus yang ada di Nusakambangan sampai ke perbatasan Jawa Barat sampai ke Majingklak,” ujar Kepala Lapas Batu Nusakambangan, Hendra Eka Putra, Senin (14/5/2018) sore.

Baca Juga: Polres Banyumas Lakukan Ini Untuk Perketat Penjagaan

Pengamanan ini juga dilakukan di sekitar perairan Nusakambangan, dilakukan oleh Polair Polres Cilacap dan juga Lanal Cilacap. Patroli dilakukan secara berkala oleh petugas ke titik-titik rawan.

Selain itu, mulai Senin kemarin, pengunjung yang akan menjenguk keluarganya yang mendekam di lapas-lapas yang ada di Nusakambangan, sudah tidak diperbolehkan membawa makanan. Hal ini mengantisipasi agar tidak ada barang yang tidak diinginkan masuk ke dalam Nusakambangan.

“Pengunjung sudah tidak boleh membawa makanan ke dalam,” ujar Koordinator Lapas se-Nusakambangan dan Cilacap ini.

Napi yang diperbolehkan untuk dikunjungi, bukan napi teroris yang baru saja dipindahkan dari Mako Brimob Klapa Dua Depok Kamis lalu. Tetapi napi lainnya yang sudah mendekam di Nusakambangan terlebih dahulu.

Baca Juga: Usai Ledakan Bom di Surabaya, Polres Purbalingga Terapkan Aturan Ini

Pengamanan ketat dan juga tidak diperbolehkannya pengunjung membawa makanan, sampai batas waktu yang belum ditentukan. Menurutnya, pihaknya akan melihat sampai kondisi aman kembali.(ale@satelitpost.com)