Eso Suterso SH MH, Penasehat PD Muhammadiyah Kota Banjar

Islam, merupakan agama yang dianut oleh mayoritas warga di Kota Banjar dengan persentase hampir 90 persen. Namun sebagaimana budaya khas Indonesia, warga Kota Banjar juga sangat menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.

Hal itu terlihat dari suasana damai yang tercipta, setiap ada perayaan hari besar kalangan minoritas penganut agama lain.

“Jujur saya kagum dengan kerukunan umat beragama di Kota Banjar, seperti di peringatan Imlek yang dirayakan umat Konghucu beberapa hari lalu. Masyarakat muslim kita sangat bisa menghargainya,” ujar Eso Suterso, seorang tokoh Muhammadiyah Kota Banjar yang kali ini disambangi SatelitPost.

Menurut mantan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Banjar periode 2007-2010 dan 2010-2015 ini, sinergitas semua elemen harus terus dibangun agar suasana kondusif terus terjaga.

Pria kelahiran Ciamis, September 1946 ini juga berharap, warga Kota Banjar tidak mudah tersulut gempuran berita bohong yang seringkali dibalut SARA di masa-masa menjelang Pemilu 2019 ini.

“Kota ini milik kita semua, maka sudah selayaknya kita isi dengan sesuatu yang bermanfaat dan prestasi untuk menjaga nama baik Kota Banjar,” ujarnya.

Sebagai penasehat PD Muhammadiyah Kota Banjar, Eso berharap Muhammadiyah bisa memberi pencerahan untuk masyarakat dan mampu berkontribusi untuk Kota Banjar yang berkemajuan. (cr1)