Festival Durian Siap Digelar di Alun-alun Banyumas

PURWOKERTO, SATELITPOST- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas  akan menggelar Festival Durian di Alun-alun Banyumas pada 9-10 Desember 2017. Berbagai jenis durian lokal Banyumas akan dihadirkan pada festival ini, sebagai upaya Pemkab Banyumas memicu pertumbuhan pertanian Durian di Banyumas sebagai produk unggulan.

Kepala Dinpertan KP Widarso mengatakan festival durian, menjadi event untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk durian unggulan Banyumas ke pasar lokal maupun regional. Ia mengatakan, varietas yang berkembang di Banyumas meliputi viarietas kromo, cane dan lokal. Varietas kromo masyarakat sering menyebut jenis Duren Montong atau Duren Bawor berpusat di Kecamatan Kemranjen, dan telah menyebar di seluruh Kabupaten Banyumas khusunya kecamatan sekitar seperti Sumpiuh, Tambak, Somegede, Banyumas dan Kebasen.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas mencatat populasi pohon durian di Banyumas mencapai 187.854 pohon dengan produksi 30.948 kuintal pertahun. “Dengan kegiatan ini akan tercipta forum antara pihak yang berkompeten dan menekuni atau yang berkecimpung di bidang agribisnis durian untuk bersama sama meningkatkan kualitas durian lokal dan membuka peluang pasar serta akan terjalin jejaring usaha, dan bagi pecinta durian bisa melihat, memilih dan membeli langsung berbagai jenis durian lokal yang berkualitas tinggi, dari petani ” kata Widarso

Widarso menegaskan bahwa festival ini tidak ada festival makan durian sepuasnya. Namun pengunjung dapat melakukan transaksi berbagai jenis durian yang dipamerkan dengan harga yang lebih kompetitif. “Kita mengundang para petani dan kelompok tani durian yang ada di Banyumas, untuk berpartisipasi pada kegiatan ini, ” kata dia.

Sedangkan menurut Kasi Hortikultura Iin Dwi Sulityatik mengatakan Festival Durian didalamnya terdapat lomba durian, dijadikan sarana menjaring buah durian lokal yang mempunyai kualitas tinggi dan baik secara ekonomi .

“Kalau kualitas kromo, Banyumas sudah mendapat Tanda Daftar Varietas Tanaman (semacam HAKI) oleh Kementrian Pertanian. Dengan keunggulanya ukuran buah besar rata rata 3 kg bahkan ada yang mencapai 7 kg, daging tebal, buah kecil, daging warna orange rasa manis dan kesat dan aroma tidak terlalu tajam , dan telah dilepas menjadi varietas unggul nasional, ” kata dia.

Melalui festival semacam ini ia berharap akan lahir jenis durian baru, dan DinPertan KP siap memfasilitasi untuk diajukan hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT)nya.  Pada lomba ini Dinpertan KP akan memberi penghargaan dan uang pembinaan kepada para pememang.

Iin menambahkan meskipun bertajuk Festival Durian, yang akan dipamerkan dan dipasarkan adalah semua produk pertanian, mulai bibit sampai hasil olahan berbahan produk pertanian. Sehingga bagi masyarakat dapat berkunjung ke Festival ini untuk menambah wawasan dan menjadikannya ajang pembelajaran dalam bidang pertanian. (kim)

Komentar

komentar