SEJUMLAH pengurus Hijaber's Community Purwokerto foto bersama di Halaman Masjid Jenderal Soedirman Purwokerto sebelum melakukan bakti sosial tebar mukena, Jumat (20/4).

PURWOKERTO, SATELITPOST-Hijaber’s Community Purwokerto membagikan ‎sebanyak 300-an mukena, Jumat (20/4). Mukena tersebut dibagikan lebih dari 30 masjid di Kabupaten Banyumas.

Mukena dibagikan di masjid-masjid dengan jemaah yang banyak. Seperti masjid di dekat jalan raya, masjid besar, masjid dekat kampus, masjid di POM Bensin, Masjid di Rumah Sakit dan masjid di mal.

Ketua Hijaber’s Community Purwokerto, Dani Junaedi mengatakan kegiatan tersebut sengaja digelar untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April. Selain memperingati Hari Kartini, tebar mukena tersebut juga sebagai satu kegiatan bakti sosial menjelang Ramadan.

“Kegiatan ini bukan sekadar tebar mukena saja, tapi lebih pada tebar cinta untuk sesama wanita. Hijaberks Community Purwokerto ingin menebar cinta untuk wanita Purwokerto khususnya, melalui tebar mukena ini,” kata dia.

Apalagi, kata dia, mukena yang dibagi 5-10 mukena per masjid tersebut sudah dalam keadaan siap pakai. Karena mukena tersebut sudah dicuci dan wangi. Sehingga sudah bisa langsung dipakai.

Ia mengungkapkan, kerap kali menjumpai mukena di masjid kurang mendapat perawatan. Padahal, kebersihan dan kesucian mukena sangat penting karena digunakan untuk menghadap sang Pencipta.

Terlebih, setiap memasuki bulan Ramadan, jemaah masjid akan bertambah dari hari biasanya. Bukan hanya dari warga sekitar, juga dari masyarakat yang tengah dalam perjalanan.  “Mudah-mudahan mukena yang ada di masjid akan terus dijaga kebersihan dan kesuciannya,” katanya.

Sementara itu, Pembina Hijaber’s Community Purwokerto, Ida Mukhson mengatakan melalui kegiatan tersebut, pihaknya ingin turut memberi inspirasi kepada wanita lain. Supaya wanita lain juga mau berbuat yang sama lebih dari yang telah dilakukan. “Kami ingin bermanfaat untuk orang lain. Karena wanita harus tetap menjaga welas asih-nya. Harus selalu menjaga hubungan baik dan berbuat baik dengan orang lain,” kata dia. (alf)