PRAJURIT TNI Kodim 0704 Banjarnegara bersama warga, sedang bergotong royong membuat jamban sederhana di lokasi TMMD di Desa Pasegeran, kecamatan Pandanarum, Kamis (12/7). Istimewa

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Program jambanisasi sederhana dan ramah lingkungan di Desa Paseregan, Kecamatan Pandanarum dalam program TMMD reguler ke 102, dijadikan percontohan.

Komandan Kodim 0704 Banjarnegara, Letkol Inf Bagas Gunanto mengatakan, pembuatan jamban tersebut sebenarnya tidak membutuhkan anggaran yang besar dan bisa dilakukan secara bertahap tanpa mengurangi fungsinya.

“Dalam program TMMD ini, kita membantu membuat 32 jamban. Kita berikan contoh dengan membuat septic tank secara sederhana, galian ditutup dengan bambu. Saptic tank ini nantinya bisa juga ditutup dengan semen cor,” katanya.

Dia berharap, masyarakat yang belum mendapatkan bantuan jambanisasi bisa membuatnya sendiri. Sehingga ke depan, tidak ada lagi masyarakat yang BAB sembarangan baik di sungai maupun kolam ikan.

“Dari sisi kesehatan, ternyata pola ini juga aman. Sebab, kotoran tertampung dalam satu tempat yang aman dan tidak mencemari lingkungan,” ujarnya.

Dengan pembangunan jamban ini, diharapkan taraf hidup kesehatan masyarakat Banjarnegara akan meningkat. Pemeliharaan lingkungan juga menjadi lebih baik, karena terbebas dari BAB di sungai atau kebun.

Tambahan Unit Rehabilitasi RTLH

Selain sederet program yang disiapkan, dalam kegiatan TMMD juga dijalankan program rehabilitasi rumah tak layak huni (RTLH). Program tersebut, mendapat sambutan positif warga Pasegeran.

Kepala Desa Pasegeran, Aris Winarno mengatakan, banyak warga yang mengharapkan agar program RTLH terus ditambah guna meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik.

“Saat ini kami mendapatkan bantuan untuk rehabilitasi 10 unit rumah dan banyak warga yang menyampaikan supaya bantuan ditambah,” ujarnya.

Desa Pasegeran, berada di wilayah pegunungan bagian utara Banjarnegara. Sebagian besar masyarakatnya mengandalkan hidup sebagai buruh tani dengan perekonomian relatif rendah.

“Program-program dalam kegiatan TMMD ini sangat tepat sasaran. Warga juga selalu siap bergotong royong dalam pengerjaannya, supaya pembangunan lebih cepat dan tepat sasaran,” ujarnya. (oel)