Ilustrasi

PURWOKERTO, SATELITPOST-Komisioner KPU Banyumas Ikhda Aniroh, menjadi seorang pemilih harus mengetahui kualifikasi calon yang akan dipilih. Hal itu diungkapkan saat Seminar Politik dan Sosialisasi KPU Kabupaten Banyumas di Auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Kamis (7/12).

“Memilih itu harus cerdas jangan jadi pemilih yang apatis,” kata Ikhda. Dia mengatakan, contoh pemilih apatis adalah pemilih yang tak tahu pemimpinnya. Sehingga, terkesan asal memilih pemimpin.

Diadakannya seminar ini menurut Ketua Dewan Mahasiswa (Dema) IAIN Iing Ilham Karuniawan, sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran berpolitik generasi muda. Terlebih karena di kampus IAIN tak ada jurusan khusus politik. “Kita ngga seperti kampus lain ada jurusan khusus politik makanya salah satu cara untuk menumbuhkan kesadaran berpolitik ya melalui seminar ini,” katanya.

Seminar ini merupakan serangkaian acara dari pendidikan dan pelatihan (diklat) politik yang diadakan Dema IAIN. Harapannya akan ada gerakan masif dan kesadaran bagi diri sendiri untuk Pilkada Banyumas 2018. “Semoga generasi muda lebih sadar bahwa memilih itu bukan hanya untuk mereka tapi untuk kita sendiri,” katanya.

Dalam seminar itu juga hadir anggota DPR RI Fraksi PKB Siti Mukaromah dan Kompol Suranto yang mewakili Kapolres Banyumas sebagai pembicara. Saat pemaparannya, Siti Mukaromah menonjolkan pengalaman berorganisasi sewaktu muda.

Bagi Siti Mukaromah, berorganisasi adalah satu cara yang menentukan jalan hidupnya hingga saat ini menduduki kursi di Senayan. “Saya lulusan IAIN IPK (indeks prestasi kumulatif, red) ngga bagus, tapi modal saya itu seneng berorganisasi makanya bisa sekarang ini,” kata anggota Fraksi PKB ini yang akrab disapa Erma. (cr)

Komentar

komentar

BAGIKAN