ilustrasi grafis galih yoga. satelitpost

PURWOKERTO, SATELITPOST- Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas mengimbau kedua pasangan calon segera menurunkan baliho dan alat kampanye lain yang ada di tempat publik.

Anggota Panwaskab Banyumas, Yon Daryono mengatakan, paskapenetapan kedua paslon Bupati dan Wakil Bupati Banyumas dalam Pilkada 2018 secara otomatis keduanya menjadi subjek peraturan KPU. Sehingga, menjelang masa kampanye, semua alat kampanye berupa baliho dan poster supaya segera diturunkan.

“Dimohon kedua paslon dan parpol pengusung untuk menurunkan semua baliho mulai 12 Februari 2018. Kami juga akan segera berkomunikasi dengan kedua paslon dan parpol pengusung untuk menurunkan sendiri,” kata Yon.

Sementara jika kedua paslon tidak juga menurunkan balihonya, menurutnya pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menurunkan secara paksa baliho yang ada. “Sampai tanggal 15 Februari 2018, semuanya harus sudah diturunkan, ” kata dia.

Ketua DPC PDIP, pengusung pasangan Achmad Husein-Sadewo Tri Lastiono, dr Budhi Setiawan mengatakan akan segara menurunkan baliho sendiri. “Kami patuhi semua aturannya. Kalau memang harus diturunkan hari ini, akan kami turunkan,” kata dr Budhi.

Hal senada juga diungkapkan perwakilan koalisi pengusung Mardjoko-Ifan Haryanto, Rachmat Imanda. Menurutnya, koalisi pengusung akan mematuhi regulasi kepemiluan yang berlaku.

“Jika memang ada alat peraga yang dinilai melanggar, kami akan koordinasi dengan tim untuk menurunkan. Intinya, kami merupakan koalisi taat hukum yang siap bertanding sesuai aturan main,” kata dia.(alf)