KAPOLRES Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK (ketiga dari kiri) meninjau hasil tes urine anggotanya, Selasa (28/11).SATELITPOST/SHANDI YANUAR

PURWOKERTO, SATELITPOST-Puluhan personel Polres Banyumas berpakaian preman yang terdiri dari tim Sat Reskrim, Narkoba dan Intelkam menjalani tes urine. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini terhadap kemungkinan penyalahgunaan narkoba.

Pemeriksaan tes urine tersebut langsung dipimpin oleh Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK bersama dengan Waka Polres Banyumas, Kompol Malpa Malacoppo. Pemeriksaan yang dilakukan secara mendadak ini juga melibatkan tim Dokkes Polres Banyumas. “Setiap anggota yang mengikut tes urine harus buang air kecil langsung dan ditunggu atau diawasi oleh anggota Provost,” kata Kapolres.

Pemeriksaan ini akan dilaksanakan secara rutin, untuk meminimalisasi anggotanya dari pemakaian narkoba. “Jika terbukti ada anggota yang menjadi pengguna, pengedar, pengecer dan memiliki narkoba akan segera diproses,” ujarnya dengan tegas.

Kapolres tidak ingin dirinya sampai kecolongan jika ada anggotanya yang terlebat narkoba sehingga pemeriksaan urine ini akan dilakukan secara rutin. “Ini untuk memberikan pengawasan kepada anggota tentang penyalahgunaan narkoba, kita tidak mau kecolongan anggota yang terjerumus dengan narkoba,” kata dia.(san)