AKSI simulasi pengamanan kota oleh TNI Polri dalam pengamanan Pilgub Jateng 2018 di Alun-alun Cilacap, Selasa (13/2).SATELITPOST/ RENNY TANIA

CILACAP, SATELITPOST-Kepolisian Resor Cilacap bersama TNI dan Pemerintah Kabupaten Cilacap melakukan simulasi pengamanan kota (sispamkota) dalam rangka pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018, Selasa (13/2). Simulasi dihelat di Alun-alun Cilacap dan diikuti sebanyak 750 personel gabungan.

Dalam simulasi tersebut, dibuat sebuah skenario terjadi sebuah konflik saat pelaksanaan pilgub. Dimana ada juru kampanye salah satu paslon yang belum memperoleh izin berkampanye. Sehingga massa dari paslon lawan memprotes kepada KPU. Pada saat itulah terjadi tindakan anarkis di depan Kantor KPU. Tapi aksi anarkis tak melebar karena dengan sigap tim gabungan dari Polri, TNI, dan Pemkab Cilacap langsung bergerak.

Kepala Kepolisian Resor Cilacap, Ajun Komisaris Besar Polisi Djoko Julianto mengatakan dengan adanya simulasi ini menandakan bahwa jajaran POlri, TNI dan pemda sudah siap dalam pelaksaan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018.

“Kami dari jajaran TNI Polri sudah siap menyukseskan pemilu dan menjamin keamanan dan ketertiban pada pemilu ini,” ujarnya.

Kapolres mengatakan, pengamanan pemilu ini dilaksanakan sebelum masa kampanye sampai dengan nanti pasca tahapan pemilu. Hal ini dilakukan mengantisipasi adanya kerawanan dalam pemilu, yang ada di setiap tahapan.

“Sekecil apapun informasi dari masyarakat akan kita tindaklanjuti. Jadi jangan segan-segan masyarakat memberikan informasi kepada kita apabila ada hal-hal yang bisa diantisipasi oleh jajaran TNI dan Polri,” katanya.

Dalam pengamanan Pilgub 2018 ini, personel TNI Polri sudah mulai bergerak sejak Senin (12/2) kemarin. Kapolres mengatakan mereka ditempatkan di seluruh titik, tidak hanya di objek vital, tetapi juga ada di kantor penyelenggara pemilu, di KPU Cilacap dan Panwaslu Kabupaten Cilacap.

Sispamkota kemarin diawali dengan apel yang dipimpin oleh Kapolres Cilacap. Dihadiri oleh Wakil Bupati Cilacap, Forkopimda, partai politik, tokoh agama, tokoh masyarakat, SKPD, camat dan undangan lainnya. (ale)