KIRAB bendera merah putih sepanjang 350 meter dalam rangka HUT TNI ke 74, Haul Bupati Kebumen Pertama Ki Bodronolo dan Hari Santri Nasional, Rabu (9/10).

KEBUMEN, SATELITPOST- Peringatan HUT TNI ke-74, Haul Bupati Kebumen Pertama Ki Bodronolo, dan Hari Santri Nasional diwarnai kirab bendera merah putih sepanjang 350 meter mengitari jantung Kota Kebumen, Rabu (9/10) sore.

Sekitar ratusan personil petugas kirab yang terdiri dari Ansor, Banser, TNI, Polri, Pemuda Pancasila, Gusdurian Kebumen, Santri Pondok Pesantren seluruh Kebumen, Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa, Ikatan Konto Kebumen, dan KNPI memulai kirabnya dari Alun-alun Kebumen.

Kegiatan dihadiri ulama kharismatik Habib Lutfi Bin Yahya dari Pekalongan beserta rombongan dengan mengenakan seragam TNI berbalut helaian bendera merah putih. Sebelum mengiringi kirab bendera, dilakukan Apel Kebangsaan yang dipimpin oleh Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Apel Kebangsaan dimeriahkan penampilan barongsai, Pencak Silat Pagar Nusa, dan Pencak Konto. Habib Lutfi Bin Yahya juga turut serta berada di tengah rombongan kirab dengan menggunakan delman didampingi Wakil Bupati.

Dalam sambutannya Arif Sugiyanto mengapresiasi perjuangan TNI selama ini dalam menjaga kedaulatan NKRI. Di hari ulang tahunya yang ke-74, Arif berharap TNI akan semakin solid. “Kita patut berterimakasih kepada TNI yang telah berperan menjaga kedaulatan NKRI,” kata dia.

Arif juga berpesan di hadapan para santri, agar tidak hanya menekuni ilmu keagamaan saja. Tapi harus diimbangi dengan ilmu pengetahuan umum. “Biar kita lebih maju lagi, jadi jangan hanya menuntut ilmu agama saja sebaiknya ilmu pengetahuan juga dikejar agar kualitas hidup kita semakin baik,” ujarnya.

Pondok pesantren diharap mampu menjadi motor penggerak ke arah positif di Kabupaten Kebumen. Menurut arif, Kuatnya kesatuan dan persatuan yang terjalin selama ini akan menjadi modal besar pembangunan daerah.(CR)