PERSONEL serta sarana dan prasarana dari Polres Kebumen disiagakan untuk menghadapi ancama bencana jelang musim hujan tahun ini. ISTIMEWA

KEBUMEN, SATELITPOST–Musim penghujan diprediksi bakal menyapa Kebumen mulai bulan Desember ini. Tak jarang, kedatangan musim penghujan disertai gelombang bencana alam. Oleh karena itu, Satuan Samapta Polres Kebumen pun melaksanakan apel siaga bencana di halaman mapolres Kebumen, Sabtu (30/11).

Apel siaga bencana dipimpin langsung Kasat Samapta Polres Kebumen, AKP Rudjito. Tak hanya mengecek kesiapan personel, AKP Rudjito juga mengecek langsung peralatan Search And Rescue (SAR) dan barang inventaris Sat Samapta. Adapun peralatan dan ranmor dinas yang dicek di antaranya, perahu karet, pelampung, dayung, satwa, mobil ransus, cangkul/sekop, sepatu boots, dan peralatan lainnya.

Hal ini dilakukan untuk persiapan antisipasi bencana yang bisa saja melanda di wilayah Kabupaten Kebumen saat musim hujan datang.

Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan, untuk hal-hal yang berkaitan dengan bencana baik musim kemarau dan penghujan, Polres Kebumen akan selalu siap siaga. “Dalam musim kemarau Polres Kebumen selalu membantu memberikan air bersih ke masyarakat di wilayah yang kekeringan, dan dalam menyambut musim penghujan Polres Kebumen juga sudah siap siaga mengantisipasi benacana yang mungkin saja terjadi di wilayah Kabupaten Kebumen,” ujar Kapolres.

Kasat Samapta juga menyampaikan arahan kepada peserta apel. Pengecekan dilakukan untuk memastikan kondisi peralatan SAR yang dimiliki Sat Samapta tidak ada yang rusak.

“Diinventarisir kembali peralatan yang dimiliki beserta kondisinya dan siapkan tempat penyimpanan, peralatan SAR dipegang oleh 1 orang personil dan bertanggung jawab sepenuhnya,” ujar AKP Rudjito.(pan)