Petugas kepolisian Satuan Lalu Lintas Polres Kebumen menindak sedikitnya 3.327 pelanggar lalu lintas selama periode 29 Agustus hingga 11 September lalu.

Bripka Resdi, Baur Tilang Satlantas Polres Kebumen menuturkan jumlah tersebut melebihi target yang ditentukan yakni 2.800 selama Operasi Patuh Candi 2019 atau 200 tilang per hari. “Prosentasenya kita 19 persen melebihi target yang sudah ditentukan,” tuturnya.

Menurutnya, untuk memudahkan proses tindakan pelanggaran yang dilakukan di tujuh pos pantau antara lain Pos Kretek, Pos Gombong, Pos Prembun, Pos Kutowinangun, Pos Karanganyar, Turajawali dan Staff. Polres Kebumen telah melakukan inovasi dengan menerapkan E-Tilang.

“Ketujuh Pos itu sejak 2016 sudah diterapkan E-Tilang tinggal bayar di bank, STNK atau yang lain bisa langsung diambil tanpa ikut sidang,” kata dia.

Adapun tujuh dari jenis pelanggaran yang menjadi prioritas Operasi Patuh Candi 2019, pengendara dibawah umur menjadi jumlah pelanggar terbanyak dengan 598 pelanggar. Sedangkan pelanggaran tidak kedapatan mengenakan helm sebanyak 500 pelanggar dan pengendara mobil tanpa sabuk pengaman sebanyak 106 pelanggar. (CR)