KEBUMEN, SATELITPOST-Warga Kecamatan Alian diimbau siaga bencana. Apalagi, 70 persen wilayah Alian rawan longsor dan banjir.

Camat Alian Sugito EP SPd mengatakan, untuk mengantisipasi bencana, pihaknya telah menyiapkan satu unit kendaraan evakuasi serta sambungan telepon darurat BPBD. Camat juga meyakinkan kepada warga agar bekerja seperti biasa dan jangan khawatir jika tanda-tanda musibah itu datang.

“Kami sudah siapkan peralatan penanganan dan kesiapan personel siaga bencana alam,” ujarnya dalam acara konferensi Kades se Kecamatan Alian di Pendapa Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Senin (2/12) seperti dikutip dari kodim0709.kebumenkab.go.id.

Dalam acara itu, hadir Danramil  08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto, Kapolsek Alian AKP Muksin, dan perwakilan desa se-Kecamatan Alian. Dalam kesempatan tersebut, Danramil  08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto mengimbau kepada seluruh Kades agar mewaspadai Kamtibmas jelang pergantian tahun dan antisipasi menjelang musih hujan.

Dikatakan Danramil, kini cuaca di sebagian wilayah Alian sudah mulai diselimuti mendung dan di beberapa desa seperti Alian, Krakal, Sawangan, Kaliputih, dan Bojongsari sudah mulai dilanda hujan. “Meski masih hujan lokal namun tidak menutup kemungkinn dalam waktu beberapa hari ke depan curah hujan akan semakin meningkat,” ujarnya.

Karena itu, Danramil agar semua lapisan masyarakat tetap mewaspadai akan ancaman lonsor dan banjir.   “Kita telah dibentuk desa siaga untuk itu saya minta tingkatkan kegiatan kewaspadaan ini khususnya saat malam hari, bencana datang tidak mengenal waktu dan tempat. Namun jika malam hari kita tidak terjaga maka bencana tersebut sulit untuk diantisipasi, “ ujar Danramil. (lil)