Satuan Unit Reskrim Polsek Karangpucung Menangkap Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor,Kamis (7/12)

KARANGPUCUNG, SATELITPOST-Satuan Unit Reskrim Polsek Karangpucung dan warga berhasil menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor yang diparkir di depan SMK Darussalam, Jalan Ciraja Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung, Kamis (7/12).

Pelaku Supriyanto (38), warga Desa Rancawiru RT 01 Rw 04 Kecamatan Pangkah Kabupaten Slawi Jawa Tengah. Pelaku berhasil ditangkap di area hutan pinus di Dusun Jambe Asem Desa Cidadap Kecamatan Karangpucung setelah kelelahan dikejar massa. Beruntung warga tidak main hakim sendiri sehingga pelaku tidak mengalami luka-luka.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto SIK MH melalui Kapolsek AKP Moro Priyadi SH Karangpucung mengatakan, dalam aksinya pelaku tidak menggunakan kunci T namun menggunakan kunci yang mirip dengan kunci asli. Sehingga aksinya tidak dicurigai seolah itu dia adalah pemilik kendaraan yang dia curi.

“Modusnya tergolong baru tidak seperti pelaku pencurian yang biasanya menggunakan kunci T tapi menggunakan kunci yang mirip dengan kunci motor tersebut. Hanya ukurannya yang lebih panjang,” kata dia.

Menurut Keterangan sejumlah saksi, kronologis kejadian pada hari Kamis (7/12) sekitar pukul 08.30 WIB. Korban merupakan pemilik handphone memarkir sepeda motornya dalam keadaan dikunci kontak dan setang di teras samping kiri Kantor BMT Darussalam Desa Karangpucung RT 3 RW 04 Kecamatan Karangpucung.

Sekira pukul 11.00 WIB saksi Warsiah, pemilik warung depan TKP memberitahukan sepeda motornya dibawa oleh orang lain lewat jalan raya ke arah barat. Lalu korban mengecek ternyata benar sepeda motornya telah hilang dicuri orang.

Secara kebetulan Iyam Abdul Salam naik sepeda motor melintas di depan BMT dan dimintai tolong korban untuk melakukan pengejaran. Kemudian saksi 1 meminta tolong untuk mengejar sedang korban langsung melaporkan ke Polsek Karangpucung.

Selanjutnya bersama dua anggota Reskrim melakukan pengejaran dan sekitar 20 km dari TKP masuk melalui jalan antar desa di ujung Dusun Jambe Asem RT 01 RW 05 Desa Cidadap Kecamatan Karangpucung.

Mengetahui dikejar tersangka meninggalkan sepeda motor korban lalu melarikan diri ke hutan pinus yang posisinya menanjak. Setelah kira-kira 700 meter berlari dan kelelahan, tersangka akhirnya tertangkap oleh saksi 1 dan dua anggota Reskrim serta korban. Pelaku langsung diamankan di Polsek Karangpucung.

Kapolsek Karangpucung menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan bantuan yang telah diberikan warga dalam melakukan penangkapan.

“Terima kasih kepada warga yang telah menangkap pelaku dengan selamat dan tidak terjadi amuk massa atau main hakim sendiri,” ujar Kapolsek.

Dia mengimbau masyarakat agar tetap waspada dengan orang yang dicurigai. Selain itu warga diingatkan untuk memarkir kendaraan di tempat yang aman dan dikunci ganda.

Polisi mengamankan barang bukti satu unit sepeda motor merek Honda Beat Pop, warna cat putih, nomor polisis R 8401 BN, dan tiga buah anak kunci kontak palsu bertulisan honda. Tersangka diancam dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian Kendaraan Bermotor dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka mendekam di jeruji besi Polsek Karangpucung menunggu proses hukum selanjutnya.(lim)

Komentar

komentar