PURBALINGGA, SATELITPOST-Satu dari tujuh fraksi yang ada di DPRD Purbalingga, tidak mendapatkan jatah pada rombakan alat kelengkapan dewan. Komposisi jabatan pimpinan alat kelengkapan DPRD (AKD), didominasi fraksi PDI Perjuangan (PDIP).

Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) tidak mendapatkan jabatan di alat kelengkapan. Hal tersebut telah ditetapkan melalui rapat paripurna internal DPRD  dengan agenda Penetapan Susunan Pimpinan dan Keanggotaan Alat Kelengkapan DPRD, Rabu (10/1).

Fraksi PDI Perjuangan dengan jumlah kursi terbanyak, yaitu 11 kursi menunjuk HR Bambang Irawan SH sebagai Ketua Komisi IV dan Hj Utik Andrawati sebagai Ketua Komisi I. Sedangkan Ketua Komisi II, diduduki H Akhmad Sabani dari Fraksi Partai Golkar (FPG) dan posisi Ketua Komisi III dijabat Endra Yulianto SE dari Fraksi Gerindra.

Hingga berita ini diturunkan, Ketua FPKB Siti Mutmainah, belum berhasil dimintai tanggapannya terkait hal tersebut.

Wakil Ketua DPC PKB Purbalingga, Bambang Hermanto, enggan memberikan respon. Dia  hanya menyinggung soal kocok ulang alat kelengkapan DPRD merupakan wewenang fraksi.

“Ditanyakan saja kepada fraksi,” katanya.

Ketua DPRD, H Tongat mengatakan, penetapan pimpinan dan anggota alat kelengkapan dilakukan melalui pembahasan bersama lintas fraksi. Mengenai FPDIP yang menduduki jabatan di dua komisi, menurutnya adalah hal wajar.

“Wajar saja, FPDIP mendapat kursi paling banyak, 11 kursi dari 45 kursi di DPRD Purbalingga. Toh, ini sudah melalui pembahasan lintas fraksi,” kata Tongat, kemarin, (10/1).

Formasi baru ini diharapkannya bisa meningkatkan kinerja dewan. Sehingga, dua tahun terakhir masa jabatannya bisa lebih optimal lagi.

Ketua FPDIP HR Bambang Irawan SH  menyampaikan, selain pada jabatan ketua, fraksinya juga menempatkan anggotanya sebagai wakil ketua komisi. Wuriyati sebagai wakil ketua Komisi II, Karseno sebagai wakil ketua Komisi III dan Munji Wibowo sebagai wakil ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD.

Selain itu, FPDIP juga menggandeng fraksi lain dalam kocok ulang pimpinan AKD. Lima fraksi lain masing-masing Fraksi Gerindra, Fraksi Partai Golkar (FPG), Fraksi Amanat Nasional (FAN) Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) dan Fraksi Demokrat (FPD).(min)