BUPATI Banjarnegara, Budhi Sarwono, menyerahkan bantuan stimulan secara simbolis kepada perwakilan warga korban gempa Kalibening, di Aula Kecamatan Kalibening, Senin (9/7). ISTIMEWA

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Sebanyak 361 KK korban Gempa Kalibening, menerima bantuan stimulan dari pemerintah daerah, di Aula Kecamatan Kalibening, Senin (9/7).

Kalakhar BPBD Banjarnegara, Arief Rahman mengatakan, para penerima bantuan gempa bumi tektonik berkekuatan 4,4 SR April 2018 lalu itu tersebar dari lima desa terdampak, yakni Kasinoman 180 rumah, Desa Kertosari 77 rumah, Plorengan 60 rumah, Sidakangen 33 rumah, dan Desa Kalibening 11 rumah.

“Bantuan ini diperuntukkan bagi warga yang rumahnya rusak ringan, berupa uang senilai Rp 2 juta per rumah. Selain itu, mereka juga menerima bantuan bahan bangunan untuk rehabilitasi bangunan pokok atau rumah tinggal,” katanya.

Saat penyerahan bantuan, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono berpesan supaya bantuan tersebut dimanfaatkan sesuai peruntukkannya.

“Bantuan ini hanya stimulan, mohon disyukuri dan manfaatkan dengan baik untuk membantu memperbaiki rumah. Jangan dibelikan barang yang tidak semestinya!” katanya.

Ilham Maulana, seorang penerima bantuan mengaku, senang dengan perhatian dari pemerintah. Warga Plorengan ini berjanji, akan segera memperbaiki kandang kambing miliknya yang roboh.

Alhamdulillah saya sekeluarga selamat dan rumah hanya rusak ringan. Tapi kandang kambing kami hancur, beruntung ternaknya masih selamat,” katanya. ([email protected])