KPU Banyumas Dinilai Tergesa-gesa, Umumkan Hasil Verifikasi Parpol

PURWOKERTO, SATELITPOST-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dinilai tergesa-gesa membuat pernyataan yang menyebut tiga patai politik tidak lolos verifikasi kepada masyarakat Banyumas. Partai Bulan Bintang (PBB) Banyumas, sebagai satu di antara yang disebut tidak lolos verifikasi menyatakan, pernyataan KPU merugikan PBB.

“Menggiring opini bahwa PBB tidak bisa menyesuaikan seperti partai lain. Semoga saja tidak ada manuver lain karena saya paham benar banyak partai besar juga data sipolnya masih banyak yang ganda dengan partai lainnya,” kata dr Agus Ujianto, Ketua DPC PBB Banyumas, Selasa sore (5/12).

Ia mengatakan, DPC PBB sudah lengkap dalam memenuhi syarat, hanya data fisik terbaru yang diserahkan ke KPUD belum diverifikasi ulang karena menunggu koordinasi dengan DPW dan DPP PBB.

“Jumlah anggota kami yang didaftarkan sudah 1.750 orang dan saya kira KPUD tergesa-gesa membuat rilis karena masih ada¬† tanggal akhir batas verifikasi. Belum selesai koordinasi sudah dipublikasikan dan menjadikan pertanyaan banyak pihak,” kata dia.

Ia mengatakan, KPUD masih menggunakan data lama di Sipol. Data terbaru untuk Sipol, kata dr Agus Ujianto, sudah dikirimkan ke KPU Pusat dan DPP PBB. Menurutnya, waktu yang tersisa masih sangat mencukupi untuk memenuhi semua syarat lolos verifikasi.

“Data DPC PBB Banyumas baik fisik dan elektronik saya jamin lengkap. Tinggal proses penyerahan verifikasi menunggu KPU pusat dan DPP. Kpud belum memakai data baru kami,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, KPU menyatakan ada tiga partai politik yang belum memenuhi syarat minimal dukungan dalam penelitian administrasi kembali mendatangi KPU Banyumas untuk menerima berita acara hasil verifikasi administrasi parpol peserta pemilu tahun 2019 setelah keputusan Bawaslu.

Ketiga parpol tersebut di antaranya, Partai Idaman, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Hasilnya, ketiga parpol tersebut masih harus melengkapi persyaratan minimal dukungan.

Dari total 1.120 dukungan suara yang telah diserahkan, jumlah yang dinyatakan MS sebanyak 336 dukungan. Dan masih ada 784 dukungan yang harus diperbaiki. Sedangkan PKPI dari sebanyak 1221 suara dukungan, tidak ada yang memenuhi syarat. (kim)

Komentar

komentar

BAGIKAN