KPU Buka Pendaftaran PPK dan PPS

PURWOKERTO, SATELITPOST-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pilgub dan Pilbup serentak 2018 mendatang.

Ketua KPU Banyumas, Unggul Warsiadi SH MH mengatakan pendaftaran PPK dan PPS dibuka selama lima hari, mulai Jumat (13/10) hingga Selasa (17/10) untuk pendaftaran PPK. Serta pendaftaran PPS yang mulai dibuka Kamis (12/10) hingga Sabtu (28/10) mendatang.‎ Pendaftaran PPK dan PPS dibuka berdasarkan keputusan KPU Jateng Nomor 1 Tahun 2017 serta Keputusan KPU Banyumas Nomor 1 Tahun 2017.

“Pendaftar yang berminat bisa mengambil formulir di Kantor KPU Kabupaten Banyumas atau mengunduh langsung di laman www.kab-banyumas.kpu.go.id. Sementara untuk pendaftaran PPS bisa mengambil formulir di Kantor Kecamatan setempat atau di laman yang sama, www.kab-banyumas.kpu.go.id,”‎ kata Unggul.

Setelah itu, pendaftar PPK diberi waktu lima hari mulai 13-17 Oktober untuk mengisi dan melengkapi berkas yang telah diambil dan dikembalikan ke KPU Kabupaten Banyumas.‎ KPU juga melakukan penelitian administrasi dan mengumumkan hasilnya pada 19 Oktober 2017.

“Jika lulus seleksi administrasi, nanti dilanjutkan dengan seleksi tertulis pada 22 Oktober 2017. Yang lolos seleksi tertulis akan mengikuti tahapan wawancara pada 27-23 Oktober 2017,” kata dia. KPU Kabupaten Banyumas menurut dia akan mengumumkan anggota PPK terpilih pada 31 Oktober 2017.

Sementara untuk PPS, setelah mendaftar, persyaratan administrasi diserahkan mulai Jumat (13/10) hingga Selasa (1/11). Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 5 November 2017. Setelah itu, jika lulus seleksi administrasi dilanjutkan seleksi wawancara pada 6-8 November 2017. KPU Banyumas akan mengumumkan dan menetapkan anggota PPS terpilih pada 11 November 2017.

Untuk persyaratan, selain syarat administratif surat pendaftaran, daftar riwayat hidup, fotokopi KTP elektronik yang berlaku, Unggul juga menekankan beberapa hal yang harus dipenuhi. Yakni, pendaftar harus memiliki usia minimal 17 tahun dengan pendidikan minimal SLTA atau sederajat.

Tak kalah penting, calon pendaftar tidak menjadi anggota partai politik (parpol) yang dinyatakan lewat surat pernyataan yang sah. “Calon pendaftar juga harus menyertakan surat bebas narkoba dan berdomisili di wilayah kerjanya. Kami berharap dapat merekrut anggota PPK berintegritas untuk Pilkada 2018 ini,” katanya.(alf)

Komentar

komentar