CILACAP, SATELITPOST-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap melaksanakan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 di tempat khusus. Sosialisasi ini dilakukan di tiga lembaga permasyarakatan (Lapas) yang ada di Cilacap dan Nusakambangan.

“Senin (14/5) kemarin KPU melakukan sosialisasi di Lapas Permisan dan Kembang Kuning Nusakambangan. Sedangkan Selasa (15/5) kemarin sosialisasi di Lapas Kelas II Cilacap,” ujar Ketua KPU Cilacap Sigit Kwartianto, Selasa kemarin.

Masing-masing lapas diikuti sebanyak 125 narapidana yang ada di dalam lapas tersebut. Mereka merupakan perwakilan dari warga binaan yang sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Tidak semua lapas yang ada di Nusakambangan diberikan sosialisasi, kata dia, selain sebagai sampel juga karena keamanan di beberapa lapas. Seperti Lapas Batu, Lapas Pasir Putih, dan Lapas Besi yang baru saja ditempati napi terorisme pindahan dari Mako Brimob. Selain itu juga belum tentu napiter ini juga merupakan warga Jawa Tengah. Jumlah di lapas lainnya juga tidak terlalu banyak.

Sigit mengatakan, ada beberapa yang disampaikan dalam sosialisasi kepada warga binaan ini. Di antaranya tahapan pemilu, profil dua calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung partai politik.

“Kami lakukan pengenalan calonnya, visi misi, tata cara pecoblosan yang benar. Mereka di lapas ini sangat potensial, karena dipastikan angka partisipasi tinggi,” ujarnya.

Selain tiga lapas ini, masih ada dua sosialisasi di tempat khusus yang akan dilakukan. Direncanakan, KPU akan melakukan sosialisasi di pesantren-pesantren. Selain itu KPU juga akan melakukan sosialisasi di kecamatan-kecamatan.

Komisioner KPU Akhmad kholil mengatakan, ada sebanyak 1.189 pemilih yang ada di Lapas Cilacap dan Lapas Nusakambangan. Terdiri dari Lapas Kelas II B Cilacap sebanyak 379 orang pemilih, lapas di Nusakambangan sebanyak 810 pemilih.

“Untuk di Nusakambangan ada tujuh TPS. Satu TPS bagi warga dan petugas yang ada di lapas, dan untuk lainnya Lapas Terbuka, Lapas Besi, Lapas Narkotika, Lapas Kembang Kuning, Lapas Permisan, dan Lapas Pasir Putih,” katanya, kemarin. (ale)