KPU Cilacap Teliti Perbaikan Administrasi Tujuh Parpol

CILACAP, SATELITPOST-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap masih melakukan penelitian administrasi kepada tujuh partai politik yang melakukan perbaikan persyaratan keanggotaan. Tujuh parpol ini di antaranya Partai Demokrai Indonesia Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, dan Partai Garuda.

Komisioner KPU Cilacap, Aniroh mengatakan, sebenarnya ada enam parpol yang jika akan mengikuti Pemilu 2019 harus menyerahkan perbaikan keanggotaan. Karena syarat keanggotaan belum mencapai  batas minimal seribu atau perseribu. Namun ada satu parpol yang sudah memenuhi syarat, tetapi masih memberikan perbaikan, Perindo.

“Karena Perindo merupakan partai baru yang belum mengikuti Pemilu 2014, mereka masih memberikan perbaikan terutama untuk kepengurusan, sehingga nanti mereka akan mengikuti verifikasi faktual keanggotaan,” ujar Komisioner KPU Cilacap, Aniroh, Rabu (6/12) kemarin.

Penelitian administrasi ini, kata dia, akan dilakukan sampai tanggal 11 Desember nanti. KPU juga akan melakukan verifikasi faktual apabila masih diketemukan data ganda antar parpol pada perbaikan administrasi ini.

Selanjutnya, jika nantinya parpol ini sudah selesai penelitian administrasi, maka akan dibuat berita acara perbaikan. Kemudian ada rekapitulasi di KPU Provinsi dan KPU pusat untuk menetapkan parpol mana saja yang memenuhi syarat termasuk syarat keanggotaan.

“Jika mereka tidak memenuhi syarat keanggotaan di tingkat kabupaten, nanti ada rekapitulasi di provinsi, paling tidak jika memenuhi 75 persen di tingkat provinsi maka bisa mengikuti Pemilu 2019. Tetapi jika kurang dari 75 persen, maka tidak bisa mengikuti pemilu,” katanya.

Pada penelitian administrasi ini, KPU masih melakukan pencocokan antara KTA, KTP elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil. Apabila ditemukan data ganda antar parpol, akan dilakukan verifikasi faktual. (ale)

Komentar

komentar

BAGIKAN