ANGGOTA Pramuka mengikuti seleksi calon peserta Perkemahan Wiarakarya Daerah Jawa Tengah yang digelar Kwartir Cabang Banjarnegara di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara.

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Seleksi calon peserta Perkemahan Wiarakarya Daerah Jawa Tengah yang digelar oleh Kwartir Cabang Banjarnegara berlangsung ketat. Para calon anggota kontingen ini dituntut menunjukkan kekompakan dan keahliannya dalam kepramukaan di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara.

Dalam seleksi tersebut, para peserta harus bersaing untuk menjadi yang terbaik. Mereka harus bersaing dengan perwakilan dari setiap pangkalan gugus yang ada di Banjarnegara. “Untuk peserta ada 60 orang, dan seleksi ini masih akan terus berjalan hingga mendapatkan 10 anggota putra dan 10 anggota putri,” ujar Ketua Panitia Seleksi Slamet Riyadi.

Menurutnya, hasil seleksi ini nantinya akan dikirim untuk mewakili Banjarnegara dalam Perkemahan Wirakarya Daerah yang sudah menjadi agenda rutin provinsi empat tahun sekali. Rencananya tahun ini akan digelar pada Oktober mendatang di Kabupaten Kebumen.

Andalan Bina Muda Penegak Kwarcab Banjarnegara Purwono mengatakan, dalam seleksi tersebut peserta diwajibkan mengikuti seluruh pos yang ada, seperti pengetahuan umum, scouting skill, PBB, pioneering, kesamaptaan, wawancara dan pantohir.

“Kami ingin membentuk satu tim yang solid dan berkarakter kuat, sehingga mampu melahirkan torehan yang maksimal nantinya saat pelaksanaan kegiatan,” katanya.

Dalam Perkemahan Wirakarya hampir 80 persen dari kegiatan merupakan bhakti masyarakat langsung, seperti pengerjaan fisik berupa pembangunan musala, betonisasi jalan, pembangunan selokan, bak sampah serta kegiatan bhakti non fisik seperti penyuluhan kesehatan, ketertiban dan partisipasi masyarakat. (oel)