RIBUAN pelajar mengikuti lomba membuat poster dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten di kantor DLH Cilacap , Selasa (10/10).

CILACAP, SATELITPOST-Menumbuhkan kecintaan terhadap pelestarian lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cilacap menggelar lomba poster, mewarnai, dan menggambar dengan tema lingkungan, Selasa (10/10). Lomba yang digelar di halaman kantor DLH ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) ke-45 tingkat Kabupaten Cilacap.

Para pelajar mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA/SMK sejumlah 1.300 orang ini mengikuti lomba dengan tema ‘Connecting People to Nature’. Lomba dibuka langsung oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji dengan menggoreskan pewarna pada kanvas.

“Dengan adanya lomba menggambar dan poster ini, anak-anak tergugah dalam pelestarian lingkungan, dan mereka akan semakin peduli terhadap lingkungan,” kata Jamaludin, Ketua Panitia.

Kepala DLH Kabupaten Cilacap, Adjar Mugiono mengatakan sejak dini para generasi muda ini harus ditumbuhkan kecintaannya terhadap pelestarian fungsi lingkungan hidup. Karena dengan peningkatan kepedulian dan komitmen melindungi, memperbaiki, dan memanfaatkan lingkungan secara bijaksana. “Kegiatan ini juga sengaja dilaksanakan di alam, bukan di dalam gedung, agar mereka juga lebih dekat dengan alam,” katanya.

Selain lomba poster lingkungan, dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, DLH menyelenggarakan sejumlah kegiatan, di antaranya uji emisi bagi kendaraan bermotor roda sebanyak 100 kendaraan pada (28/10), dan kegiatan pembelajaran lingkungan hidup dalam bentuk outbound bagi 200 pelajar SMP di Kota Cilacap, di Lokawisata Benteng Pendem Cilacap.

Tidak hanya itu, pada lomba kemarin juga digelar pemeran Sekolah Adiwiyata yang diikuti sebanyak 6 sekolah SMP dan Bank Sampah Mandiri Cilacap dan parade musik yang dimeriahkan oleh kelompok Bank dari tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Cilacap.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Akhmad Edi Susanto mengatakan melalui hasil karya yang dapat menggugah kesadaran akan nilai pentingnya pelestarian lingkungan hidup.

“Dengan ini diharapkan semakin mengingatkan kita untuk mengunjungi pantai, taman, kawasan konservasi, sungai, gunung, bahkan pulau agar bisa berinteraksi dengan alam dan lingkungan sangat terbuka luas,” katanya.

Dengan lebih dekat dengan alam, maka dapat mendorong dan mendukung pelestarian lingkungan hidup, di tengah semakin berkembangnya industri serta desakan kebutuhan permukiman penduduk di Kabupaten Cilacap.

Pada kegiatan tersebut Pemkab Cilacap menyerahkan penghargaan kepada 10 sekolah peraih Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah 2017, SMP N 1 dan 2 Cilacap, SMP Pius, SMP Al Irsyad Cilacap, SMP N 6 Cilacap, SMP N 4 Kroya, SMP N 3 Majenang, SMA 2 Cilacap, SMA N 1 Kroya dan SMP n 4 Cilacap. (ale)

Komentar

komentar