PETUGAS di Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Dinhub Purbalingga, sedang melakukan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB), Kamis (9/8).

PURBLINGGA, SATELITPOST-Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Dinhub Purbalingga, kembali mendapatkan izin pelayanan. Setelah diverifikasi, UPUBKB Purbalingga dinilai memenuhi poin-poin yang disyaratkan.

“Mulai tanggal 9 Agustus 2018, Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) di UPUBKB Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga, dapat dilayani sesuai ketentuan berlaku,” kata Kepala Dinhub Purbalingga, R Imam Wahyudi, kemarin (9/8).

Imam menjelaskan, semua peralatan yang dimiliki Dinhub Purbalingga dinyatakan lolos kalibrasi dan akreditasi UPUBKB. Selain aspek peralatan, aspek sumber daya manusia (SDM) di UPUBKB Dinhub Purbalingga juga dinyatakan baik.

“Sekarang tinggal menunggu turunnya surat akreditasi, lima orang tenaga penguji juga dinyatakan mempunyai kompetensi dan SOP dinilai cukup memadai. Index kepuasan masyarakat ditetapkan sangat baik dengan skor 82,63,” katanya.

Dengan dibukanya kembali pelayanan uji kendaraan, maka masyarakat Purbalingga tidak perlu lagi ke Banjarnegara. Bahkan, warga Banyumas dan Cilacap juga sudah bisa uji kendaraan di Purbalingga.

“Petunjuk Ditjen Perhubungan Darat, untuk sementara kendaraan wajib uji dari Cilacap dan Banyumas, pengujiannya bisa dilakukan di Purbalingga atau Banjarnegara,” ujarnya.

Untuk pengujian kendaraan bermotor, pemilik dimohon untuk datang sendiri. Sebab, Dinhub Purbalingga sedang terus berupaya meningalkan tradisi calo.

“Jangan melalui calo dan tidak memberikan tips atau biaya lain di luar ketentuan berlaku. Kita wujudkan UPUBKB Purbalingga yang clear, clean, dan profesional,” katanya. (min)