PETUGAS BNNK Cilacap melakukan tes urine kepada sejumlah prajurit TNI dan PNS di Kodim 0703 Cilacap, Senin (12/3).

CILACAP, SATELITPOST-Badan Narkotika Nasional Kabupaten Cilacap secara mendadak melakukan tes urine kepada para prajurit TNI dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kodim 0703 Cilacap, Senin (12/3).

Ada sebanyak 140 anggota TNI dan PNS Kodim 0703 Cilacap langsung digiring ke Aula Makodim untuk diberikan penyuluhan terlebih dahulu oleh BNNK Cilacap. Kemudian secara acak mereka dicek urine satu per satu.

Pasi Intel Kodim 0703 Cilacap Kapten CPM Samanhudi mengatakan, pengecekan urine secara mendadak ini dilakukan sebagai langkah pengawasan terhadap anggota untuk mengantisipasi penyalahgunaan dan pemakaian narkoba.

“Tes urine ini memang dilakukan mendadak agar tidak ada persiapan dari para anggota. Jadi kegiatan ini berjalan apa adanya tanpa rekayasa,” ujarnya, kemarin.

Kegiatan kemarin juga dikawal oleh anggota Provos dan Subdenpom IV/1-1 Cilacap. Sehingga apabila ada anggota yang terlibat narkoba atau zat akditif lainnya, yang bersangkutan akan langsung ditindak.

Dari sebanyak 40 peserta tes urine yang dilakukan acak, petugas BNNK Cilacap tak menemukan adanya indikasi penyalahgunaan narkotika. Karena seluruh hasil tes urine peserta dinyatakan negatif dari pengaruh narkoba.

Kepala BNNK Cilacap AKBT Triatmo Hamardiono melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Parwito mengatakan, pengecekan urine ini sebagai upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Dimana Indonesia sudah memasuki darurat bahaya narkoba.

“Memerangi narkoba ini tidaklah mudah, dan butuh upaya ekstra. Karena itu semua pihak harus berperan aktif dalam upaya ini, terutama aparat,” katanya. (ale)