KAPOLRES Banyumas, AKBP Azis Andriansyah (kanan) bersama tim dari Mabes Polri mengamankan alat yang digunakan untuk memproduksi pil PCC, saat penggerebekan pabrik pembuat pil PCC di Kelurahan Pabuaran, Purwokerto, Banyumas, Selasa (19/9).

Setelah pengungkapan pabrik PCC di Jalan Raya Baturraden, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Purwokerto Utara, beberapa mesin yang digunakan di pabrik tersebut masih utuh dan belum diangkuti oleh pihak kepolisian. Pengangkutan mesin tersebut terkendala karena harus ada kendaraan besar yang bisa mengangkut mesin-mesin tersebut.

“Ada rencana pengambilan mesin, tetapi membutuhkan kendaraan yang cukup besar. Alatnya itu berat dan cukup banyak jumlahnya. Ada oven, ada alat cetak, mixer dan lainnya,” kata Kapolres Banyumas, AKBP Azis Andriansyah SH SIK MHum, Rabu (21/9).

Saat ini penyidik Mabes Polri tengah berkoordinasi dengan DPU untuk meminta kendaraan pengangkut yang dapat mengangkut mesin-mesin tersebut. “Kita belum mendapatkan informasi lebih lanjut. Yang jelas dari Dirut Tindak Pidana Narkotika meminta kita kepolisian setempat untuk melaksanakan status quo, agar menjaga barang tersebut tidak berubah,” ujarnya.

Sedangkan menurut Kasat Narkoba Polres Banyumas, AKP Sambas Budi Waluyo, saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi lebih lajut. Namun, sudah ada orang yang ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO). “Informasi dari Mabes kemarin dua orang ditetapkan sebagai DPO. Berinisial E dan D, mereka yang diketahui menyewa ruko tersebut,” kata dia.

Sementara itu menurut Ketua RT 2 RW 1, Kelurahan Pabuaran, Padmono Basuki, seseorang yang menurus izin ke RT tentang ruko tersebut yakni Edi Sunarto, dalam izinya Edi mengaku kepada Padmono bahwa ruko tersebut dijadikan sebagai mess karyawan pabrik kayu lapis.

“Untuk penyewanya, itu kata pak Edi namanya Imam dari Sidoarjo. Izinnya sendiri sudah 1,5 tahun lalu. Itu untuk mess, dan pabrik kayu lapisnya katanya ada di Buntu, kemranjen,” ujarnya.

Sekadar diketahui pada Selasa (19/9) pabrik pil PCC di Pabuaran diberebek pihak kepolisian. Di pabrik itu diketahui memproduksi pil PCC. (san)