Petugas tengah melakukan evakuasi mikrobus usai mengalami kecelakaan dan terbaik di jalan Raya karangpucung ,kabupaten CIilacap Senin (23/9). SATELITPOST/TASLIM INDRA

KARANGPUCUNG, SATELITPOST-Mitsubishi Mikrobus bernomor polisi R-1606-DA kecelakaan hingga terbalik dan menabrak pengendara dan pembatas jalan, Senin (23/9). Kecelakaan lalu lintas yang berlokasi Jalan Raya Karangpucung mengakibatkan dua orang penumpang mengalami luka berat. Sementara, sembilan lainnya mengalami luka ringan.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto SIK MH melaui Kasatlantas Polres Cilacap AKP Ahmad Nur Ari SIK membenarkan adanya kecelakaan sepeda motor dan Mikrobus berpenumpang. Dari olah tempat kejadian perkara (TKP) petugas dan keterangan sejumlah saksi, kecelakaan terjadi dekat pabrik Garment Kecamatan Karangpucung sekitar pukul 08.15 WIB.

Kejadian bermula sepeda motor Vespa bernomor polisi D-4801-AF melaju dari arah timur ke barat. Vespa itu dikendarai Moch Gustian Maulana (23) warga Hujung Kidul Jalan Joyodikrowo RT 05/07 Desa Utama, Cimahi Selatan.

Tepat di lokasi kejadian, Vespa oleng ke kanan melebih jalur yang seharusnya. Di saat bersamaan dari arah barat ke timur melaju Mitsubishi Mikrobus bernomor polisi R-1606-DA. Mitsubishi itu dikemudikan Bambang Dwi Septyohadi (30) warga Lingkungan Pangadegan RT 08 RW 18 Desa Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Karena jarak sudah dekat pengemudi mikrobus berusaha  menghindar hingga oleng  kemudian terbalik. Mikrobus menabrak pengendara Vespa. Sementara pengendara Vespa sudah melompat terlebih dahulu.

“Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tesebut. Penumpang berikut kernet yang berjumlah 11 orang. Tujuh penumpang mengalami luka ringan, dua luka berat, dan 2 penumpang selamat,” kata Kasatlantas saat dikonfirmasi melalui telepon.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber di lokasi kejadian, dua penumpang yang mengalami luka berat adalah Muhammad Zaki Mubarak (11) warga Desa Ciporos RT 03/08, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap dan Aam Sumarlina (44) warga Desa Ciporos RT 03/08, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap

Zaki mengalami luka-luka  dengan tangan kiri patah, paha kanan robek, kaki kiri patah. Zaki tak sadarkan diri hingga dirujuk RSU Siaga Medika Banyumas. Sementara Aam mengalami luka-luka pada tangan kanan lecet, dagu lecet, dan tangan kiri patah dan dirujuk RSU Siaga Medika Banyumas. Sedangkan pengendara Vespa yakni Moch Gustian Maulana mengalami luka ringan yakni lecet pada pelipis kiri, jari tangan kanan lecet.

Kecelakaan mengakibatkan bodi Vespa remuk. Sementara, kaca depan Mitsubishi Mikrobus pecah, bodi samping kiri penyok. Kerugian materil ditaksir sekitar Rp. 10 juta. Pantauan di lokasi, sejumlah kendaraan  forklif dan mobil derek dibantu warga dan petugas dikerahkan  untuk melakukan evakuasi mengangkat korban yang tertimpa dan terjepit kendaraan mikrobus. (lim)