ANGGOTA Paguyuban Senja Indah berfoto bersama dalam peringatan Hari Kartini di d'Garden Hall and Resto belum lama ini

PURWOKERTO, SATELITPOST-Paguyuban Senja Indah menggelar peringatan Hari Kartini di d’Garden Hall and Resto belum lama ini. Dalam peringatan hari Kartini tersebut, anggota Paguyuban Senja Indah yang mayoritas sudah berusia lanjut ini datang dengan mengenakan pakaian kebaya.

Ketua Paguyuban Senja Indah, Yulianto Lukita mengatakan, kegiatan tersebut sudah rutin digelar setiap tahunnya di bulan April. Namun, ada yang berbeda di tahun 2018 ini. Dalam acara tersebut, secara spontan panitia memilih tiga orang ratu kebaya. Kriteria penilaian dilihat dari kesesuaian busana yang dikenakan malam itu. “Beberapa tahun sebelumnya juga pernah, tapi ini spontanitas. Dipilih tiga orang ratu kebaya, dan diberikan hadiah untuk yang terpilih,” kata dia.

‎Meskipun kebanyakan anggotanya merupaka warga keturunan, tapi, menurut dia memperingati Hari Kartini sangat penting. Karena dengan memperingati Hari Kartini, akan turut menumbuhkan jiwa nasionalisme anggotanya. “Sebagian anggotanya memang warga keturunan Tionghoa, tapi jangan sampai tidak tahu tentang nasionalisme, termasuk sosok pejuang wanita Indonesia, RA Kartini. Karena nasionalisme ini sangat penting dan harus terus dipupuk,” katanya.

Ia mengatakan, RA Kartini, merupakan pahlawan nasional, seorang pejuang wanita. Anggota Paguyuban Senja Indah mayoritas merupakan wanita, makanya peringatan Hari Kartini selalu diperingati. “Jadi agak keterlaluan, kalau sampai anggota Paguyuban Senja Indah tidak tahu sosok RA Kartini,” katanya.

Menurutnya, sebagai warga negara Indonesia sangat lucu, kalau tidak tahu sosok hebat wanita negeri sendiri, daripada wanita negara lain. Karena, sebagai warga negara Indonesia, tentunya harus mengetahui pahlawan, presiden, wakil presiden di negeri sendiri.

Di akhir acara, ‎dilakukan pemilihan ratu kebaya. Dengan juara satu diperoleh Lian Wa (anggota dari Purbalingga), juara 2 diraih Jan Ing dan juara 3 didapatkan Gong Qin yang merupakan peserta tamu guru dari sekolah Tiga Bahasa Putera Harapan. (alf)