PANWASLU Kabupaten Purbalingga saat menggelar rakor bersama parpol, tim pemenangan, KPU, Panwascam, Satpol PP terkait penertiban APK yang tidak sesuai ketentuan di Aula Kelurahan Purbalingga Kidul, Jumat (2/3).SATELITPOST/AMIN

PURBALINGGA, SATELITPOST-Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku akan dicopot petugas. Pekan depan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purbalingga mulai menyisir jalanan melakukan penertiban APK yang tidak sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dan Peraturan Bupati (Perbup). Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Satpol PP dan juga kepada parpol serta tim pemenangan pasangan calon.

Hari ini (kemarin, red) kami rapat koordinasi dengan parpol, tim pemenangan, Satpol PP, baik satpol kabupaten sampai kecamatan, Panwascam, dan KPU. Menyampaikan bahwa akan dilakukan penertiban APK yang tidak sesuai ketentuan, atau melanggar. Pada pertemuan ini sudah ada kesepatakan, sehingga saat eksekusi diharapkan tidak ada yang tersinggung atau tersakiti, jadi tidak ada gesekan

Imam Nurhakim
Ketua Panwaslu Kabupaten Purbalingga

Jumat (2/3), Panwaslu Kabupaten Purbalingga menggelar rapat koordinasi dengan beberpa pihak terkait, mulai dari parpol, tim pemenangan, Satpol PP, Panwascam, dan KPU. Pertemuan itu bertujuan menyamakan persepsi ketika nantinya ada pembongkaran atau pencopotan APK oleh petugas. Sehingga, diharapkan saat pencopotan tidak terjadi gesekan.

“Hari ini (kemarin, red) kami rapat koordinasi dengan parpol, tim pemenangan, Satpol PP, baik satpol kabupaten sampai kecamatan, Panwascam, dan KPU. Menyampaikan bahwa akan dilakukan penertiban APK yang tidak sesuai ketentuan, atau melanggar. Pada pertemuan ini sudah ada kesepatakan, sehingga saat eksekusi diharapkan tidak ada yang tersinggung atau tersakiti, jadi tidak ada gesekan,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Purbalingga Imam Nurhakim, Jumat (2/3).

Penertiban akan dilakukan Senin (6/3) bersama dengan Satpol PP, mulai dari kabupaten sampai pada tingkat kecamatan. Jika mendapati ada APK yang melanggar, maka akan langsung dicopot. “Meskipun dari pihak pemasang, baik parpol pendukung maupun dari tim pemenangan, siap mencopot sendiri, tapi jika tidak dilakukan saat itu, tetap akan dilakukan oleh kami,” ujarnya.

Disampaikan, hasil pemantauan sampai saat ini, Panwas mengaku sudah mendapati beberapa ada APK yang melanggar. Baik dari lokasi pemasangan, maupun ketentuan lain dalam desain pada APK tersebut. “Kami lihat ada sejumlah titik yang tidak sesuai ketentuan,” ujarnya.(amin@satelitpost.com)