CILACAP, SATELITPOST-Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU IV Cilacap menghadirkan juara kaligrafi tingkat ASEAN dan dunia, Muhammad Assiry dan juga seniman Kaligrafi Nasional M Noor Amin, pada Pekan Kegiatan Muharram (PKM). Mereka memberikan Workshop Khat kepada para peserta di Masjid Baiturrahmah Pertamina Lomanis.

Dihadirkannya mereka agar bisa meningkatkan prestasi dan kemampuan dari para seniman Kaligrafi di Cilacap. Sehingga bisa menunjukkan prestasinya di tingkat provinsi maupun nasional.

“Ini sebenarnya juga menjadi wujud keprihatinan karena banyak pegiat kaligrafi Cilacap yang tidak pernah tembus provinsi, apalagi nasional. Hasil riset singkat yang kami lakukan selama ini ternyata dalam berbagai lomba termasuk PKM, didominasi seni lukis murni. Karakter seni Islami dalam kaligrafi masih sangat lemah,” kata pegiat kaligrafi Cilacap, Midhan Anis, kemarin.

Maka dari itu, kata Midhan yang juga Direktur International Festival For Indonesian Islamic Cultures & Arts (Iffica) ini mengatakan diharapkan dengan adanya workshop ini, peserta yang sebagian besar guru-guru di sekolah itu lebih memahami kaidah penulisan kaligrafi.

“Target minimal, peserta lebih memahami kaidah penulisan kaligrafi yang benar sehingga meningkatkan kemampuan diri untuk selanjutnya disebarluaskan kepada anak didiknya,” ujarnya.

Ketua PKM BDI Pertamina RU IV Cilacap Agus Rahmat Jamal mengatakan, selama ini BDI selalu menggelar lomba Kaligrafi pada PKM yang digelar setiap tahun. Namun, ternyata hasilnya, sebagian besar tidak memperhatikan kaidah yang sesuai dalam penulisannya. “Maka ketika pegiat kaligrafi Cilacap menawarkan agar lomba kaligrafi tahun ini dilengkapi workshop dan pameran, kami menyambut baik,” ujarnya.

Workshop Khat tersebut dibuka secara resmi oleh General Manager (GM) Pertamina RU IV Cilacap, Dadi Sugiana. Tidak hanya Workshop, dalam kegiatan tersebut juga digelar pameran Kaligrafi. Workshop diikuti oleh lebih dari 70 peserta tidak hanya dari Cilacap, namun juga dari berbagai kota lain seperti Purwokerto, Kebumen, bahkan dari Bogor, Jawa Barat. (ale)